SENTRA KAYU DAN Furnitur DI CIREBON

Anda sedang mencari kayu mentah atau furnitur kayu berkualitas di Cirebon? Jika ya, kunjungi saja sentra kayu dan furnitur di Jalan Raya Bunut, Cirebon.

Rumah - - Halaman Depan - TEKS & FOTO IRFAN HIDAYAT irfan@tabloidrumah.com

Sentra kayu dan furnitur di Jalan Raya Bunut ini tepatnya berada di Desa Bunut, Kecamatan Depok, Cirebon. Beberapa orang lebih mengenal jalan ini dengan nama jalan terusan Pasar Jamblang, karena sentra kayu dan furnitur berada di jalan menuju Pasar Jamblang.

Di tempat ini tidak ada plang yang bertuliskan selamat datang ke kawasan sentra kayu dan furnitur Bunut. Jadi, Anda jangan sampai salah mencari alamat sentra ini. Patokan mudahnya adalah pertigaan Bunut yang letaknya di antara Desa Cangkoak dan Desa Sindang Jawa. Kalau secara jalan, sentra ini berada di jalur alternatif mudik pantura dari arah Majalengka menuju Cirebon, melalui Pasar Keramat ke arah Pasar Sumber.

Walau Padat, seMua “HiduP”

Dari pertigaan Bunut, Anda akan melihat beberapa toko mebel kayu. Jika dilihat sepintas, Anda tidak akan menyangka bahwa tempat ini pusatnya kayu dan furnitur karena hanya ada 3 toko yang menjajakan furnitur. Tetapi, setelah 100—150m masuk ke dalam Jalan Raya Bunut, ratusan toko kayu dan furnitur dapat Anda lihat di sepanjang jalan ini.

Walau jumlah tokonya sangat banyak, tetapi semuanya “hidup”. Hidup di sini artinya para penjual berproduksi secara aktif dan selalu saja ada pembeli. “Alhamdulillah, semua tukang masih bisa bekerja setiap hari karena banyak pesanan kayu dan furnitur di sini,” ucap H Abdul Rosyid, pemilik PD Mekar Jaya. Ya, pembeli yang datang ke sini tidak hanya orang sekitar Cirebon, tetapi luar Cirebon seperti Indramayu, Kuningan, Brebes, Majalengka, bahkan Bandung.

Menyatu dengan ruMaH

Toko kayu dan furnitur di sini kebanyakan menyatu dengan rumah pemiliknya. Mereka biasanya memajang kayu atau furnitur yang sudah jadi di area depan rumah. Sementara, untuk produksi kebanyakan dilakukan di area belakang rumah walau ada juga yang dilakukan di depan rumah. Menyatunya rumah dengan tempat usaha ini mempermudah Anda karena bisa mendatangi tempat ini di jam bebas, walau secara realnya toko-toko baru buka di jam 7.00—16.00 WIB.

Furnitur yang banyak dibuat di sentra ini adalah lemari, kasur, kursi, meja, dan kitchen

set. Sementara, material rumah yang banyak terlihat adalah kusen, pintu, jendela, dan bouven

light. Untuk bahan mentahnya, kebanyakan toko menjual kayu jati, mahoni, dan pinus. Mau beli kayu atau furnitur, datang saja ke sini!

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.