Mengerok Cat Lama Jadi Mudah

Dengan mengelupas cat lama sampai bersih, hasil pengecatan cat baru pun akan lebih maksimal.

Rumah - - Material - TEKS & FOTO EMILIA NURIANA emilianuriana@gmail.com

Cat dinding yang mulai tampak kusam dan mengelupas tentu tidak sedap dipandang mata. Supaya keindahan dinding kembali memukau, Anda bisa melakukan pengecatan ulang. Tapi tahukah Anda, mengecat dinding lama butuh perhatian ekstra dibanding mengecat dinding baru? Apalagi, jika pada cat dinding lama terdapat jamur, lumut, atau kondisinya sudah mengelupas. Jika terjadi seperti ini, Anda tidak bisa langsung menimpa dinding lama dengan cat baru, tetapi harus mengelupasnya hingga dinding bersih dari cat lama.

Yang perlu Anda ingat adalah bukan mengerok atau mengikis, tetapi mengelupas cat dinding lama. Ya, pembersihan dinding dari cat lama tidak cukup dilakukan dengan pengikisan atau pengerokan karena ada kemungkinan lapisan cat lama tertinggal pada dinding. Cat lama yang tertinggal dapat memengaruhi keindahan hasil pengecatan ulang, seperti permukaan dinding tidak rata dan warna cat menjadi belang. Jika sudah begini, Anda harus memulai dari awal lagi proses pengecatan. Tentunya, ini pemborosan!

Di sisi lain, proses pengikisan atau pengerokan cat dinding lama memakan waktu dan termasuk pekerjaan yang merepotkan. Ini yang membuat pekerjaan jadi tidak efektif dan efisien. Nah, bagi Anda yang ingin mempercantik tampilan dinding lama Anda menjadi baru, kini tak perlu khawatir. Di pasaran, ada cairan penghilang cat yang bisa Anda gunakan untuk mengelupas cat dinding, bernama cairan penghilang cat ( paint remover).

Ada berbagai merek penghilang cat yag bisa Anda pilih di pasaran. Di antaranya Propan Paint Remover dari PT Propan Raya ICC dan VIP Paint Remover dari Avian. Di samping untuk mengelupas cat lama pada dinding,

paint remover juga bisa diaplikasikan untuk mengelupas lapisan cat pada besi dan furnitur kayu. Produk penghilang cat ini dijual dengan harga Rp23.000—Rp40.000/kaleng.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.