TETAP AMAN PAKAI WADAH PLASTIK

Penggunaan plastik pada peralatan rumah tangga memang tak bisa dihindari. Terlebih, jika Anda memiliki anak kecil yang mengharuskan Anda memakai peralatan plastik demi alasan keamanan. Lantas, bagaimana caranya tetap aman walaupun menggunakan plastik?

Rumah - - Halaman Depan - TEKS TIYA SEPTIAWATI tiyaseptiawati@gmail.com

Berapa banyak jumlah koleksi wadah plastik di rumah Anda? Pasti lebih dari satu. Mau bagaimana lagi, wadah plastik ibarat kebutuhan. Ia telah bertransformasi sedemikian rupa menjadi perabotan rumah tangga yang sering digunakan sebagai wadah makanan dan minuman.

Bentuk yang menarik, ringan, dan tidak mudah pecah menyebabkan plastik menjadi pilihan favorit sebagai wadah penyimpan makanan dan minuman. Harganya pun murah meriah bila dibandingkan dengan wadah-wadah makanan pecah belah. Warnanya yang beraneka ragam tak jarang menjadi daya pikat lainnya. Tak heran, banyak dari Anda yang rela membeli wadah plastik dengan model yang sama namun berbeda warna.

Faktor anak kecil pun juga seakan menjadi alasan. Demi alasan keamanan, anak-anak yang rentan memecahkan wadah pecah belah ujung-ujungnya memaksa Anda untuk menggunakan perabot plastik agar tak membahayakan mereka. Hal ini juga semakin memperkuat pernyataan bahwa plastik memang telah menjadi bagian dari kehidupan kita.

Seringkali kita memang tidak bisa menghindari kebutuhan akan wadah plastik. Hal ini tidak menjadi masalah selama Anda memilih plastik yang benar-benar aman digunakan sebagai wadah makanan dan minuman sebab di balik kelebihan wadah plastik, banyak bahaya yang mengintai. Wadah plastik tetap merupakan hasil pabrik yang tersusun oleh zat-zat kimia. Migrasi zat-zat kimia ke dalam makanan, menjadi hal yang mungkin terjadi.

Sejak 2010 lalu, US Food and Drug Administration (FDA) meneliti, bahwa kandungan BPA—zat kimia yang digunakan untuk membuat plastik—dalam jumlah minim, aman digunakan. Namun, dalam penelitian lainnya, FDA menemukan bahwa BPA berpotensi untuk memengaruhi kesehatan tubuh manusia. Gangguan pada otak, tingkat hormon, masalah jantung, bahkan kanker, dapat terjadi akibat kandungan BPA yang berlebih.

Untuk mereduksi bahayanya, penting bagi Anda untuk memilih wadah plastik yang aman. Anda dapat memilah mana yang aman dan yang tidak dengan melihat tanda segitiga yang mengelilingi kode angka sesuai jenis masingmasing. Biasanya kode tersebut tertera di bawah wadah makanan atau minuman. Berikut ini kode-kode yang tertera pada plastik.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.