6 TIP CIPTAKAN RUANG KERJA NYAMAN DI RUMAH

selain memberikan banyak fleksibilitas, bekerja di rumah juga mempermudah anda membagi waktu antara aktivitas yang satu dan lainnya. namun, dibutuhkan ruang kerja yang nyaman untuk mendukung aktivitas bekerja anda di rumah. berikut tipnya!

Rumah - - Interior - TEKS tiya septiaWati tiyaseptiawati@gmail.com

Buang-buang waktu kalau setiap hari harus macetmacetan di jalan selama dua jam cuma buat ke kantor.” Setidaknya, itulah keluhan yang dirasa oleh Martha Puri, 31 tahun, yang memutuskan untuk berhenti bekerja kantoran setelah 2 tahun bekerja sebagai karyawan swasta di salah satu media.

Alasan tersebutlah yang akhirnya membuat ia memutuskan untuk bekerja di rumah. Ya, bekerja di rumah kini menjadi pilihan banyak orang. Daripada menghadang lalu lintas yang macet dan semakin parah setiap harinya, jarak kantor yang cukup jauh serta demi menghindari energi yang terbuang sia-sia ketika melakukan perjalanan ke kantor, banyak orang memilih untuk bekerja dari rumah tanpa harus terikat kehadiran di kantor.

Bekerja tanpa harus mengalami macet atau jam kerja yang mengharuskan Anda untuk pergi pagi dan pulang larut malam, ialah impian dari para pekerja. Menurut Jill Geisler, penulis buku Work Happy: What Great Bosses Know, bekerja dengan jadwal yang fleksibel membuat karyawan lebih bersemangat kerja. Ada beberapa alternatif, mulai dari bekerja paruh waktu, cuti di luar tanggungan, atau bekerja di rumah.

Alternatif terakhir ini tampaknya kian banyak diminati dan menjadi tren pekerja era digital. Dilansir dari situs PortalHR, data menunjukkan di tahun 2005 pekerja di rumah hanya mencapai 1,5 juta orang, sementara di tahun 2011 meningkat 60% menjadi 2,4 juta pekerja.

Untuk menunjang aktifitas Anda dalam bekerja maka ruang kerja dalam rumah haruslah nyaman. Dengan memiliki ruang kerja pribadi di rumah, Anda dapat leluasa mengerjakan semua pekerjaan tanpa perlu takut diganggu oleh siapa pun.

Meja kerja pun harus ditata senyaman mungkin dan memenuhi semua hal yang dibutuhkan dalam bekerja. Hal pertama untuk mendukung Anda bekerja secara maksimal di rumah adalah dengan membuat desain ruang kerja secara tepat. Menurut Nurrizka, arsitek dan desainer interior V’Aastu Studio, setidaknya ada 6 hal yang harus diperhatikan sebelum mendesain ruang kerja di rumah.

Dengan mendesain ruang kerja secara tepat, bekerja di rumah akan terasa nyaman tanpa harus mengganggu dan terganggu dengan anggota keluarga lainnya. Bahkan, bekerja dari rumah bisa membuat hasil pekerjaan lebih baik karena Anda dapat bekerja dengan nyaman.

DoK. IKEa

Foto TEDDY YUNANTHA loKaSI KEDIAMAN HALIM ISTIANTO-ANGGRENI WIDJOJO, ARTERI PONDOK INDAH, JAKARTA SELATAN

tambahkan kabinet di atas meja kerja untuk menampung dokumendokumen penting anda.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.