MENGHIJAUKAN RUMAH DENGAN RUMPUT GAJAH MINI

rumput menjadi pilihan banyak orang dalam menghijaukan rumah. akan tetapi, pengetahuan yang minim tentang menanam dan merawat rumput menjadi kendala banyak orang. alhasil, rumput yang diharapkan dapat menghijaukan rumah pun tak pernah sehijau keinginan.

Rumah - - Eksterior - TEKS irFan hidayat irfan@tabloidrumah.com

Dari sekian banyak jenis rumput yang ada di pasaran, rumput gajah mini bisa menjadi alternatif bagi Anda dalam menghijaukan pekarangan rumah. Ya, dibanding dengan rumput jepang, rumput gajah mini lebih mudah dirawat dan tidak rewel. Secara perkembangan tanamannya pun, rumput gajah mini lebih lambat dibandingkan dengan rumput jepang. Ini tentu menjadi alternatif baik bagi Anda yang memiliki aktivitas padat sehingga tidak perlu seringsering memangkasnya.

Akan tetapi, semudah-mudahnya merawat rumput gajah mini, tetap saja Anda perlu mengetahui tabiat asli rumput ini. Tujuannya, agar apa yang diharapkan bisa terwujud. Jangan sampai ada anggapan bahwa rumput tetangga lebih hijau dari rumput kita. Biarkan rumput kita lebih hijau dari rumput tetangga.

Endo Suanda, petani rumput gajah mini di Desa Cikalahang, Cirebon, menuturkan bahwa ada beberapa hal yang membuat rumput gajah mini tidak tumbuh optimal.

1 MEDIA TANAM HARUS GEMBUR

Media tanam (tanah) memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap pertumbuhan rumput. Rumput gajah mini harus ditanam di tanah yang gembur, banyak humus, dan tidak cadas. Jika memang kondisi tanah di pekarangan Anda mengalami masalah, maka Anda harus menggali tanah pekarangan Anda sedalam 50cm, kemudian tambahkan jenis tanah baru yang mengandung humus dan nutrisi baik bagi perkembangan rumput. Jangan lupa untuk menambahkan kompos atau pupuk kandang agar nutrisi pertumbuhan rumput terpenuhi.

2 BUTUH SINAR MATAHARI LANGSUNG

Rumput gajah mini membutuhkan sinar matahari langsung. Minimalnya, rumput harus terkena sinar matahari langsung selama 4—5 jam dalam 1 hari. Jika bisa sampai 8 jam, lebih baik. Rumput gajah mini yang tidak terkena sinar matahari pertumbuhannya akan lambat, daunnya terlihat lemas dan kerdil, serta rentan mati.

3

MEMBUTUHKAN AIR

Pada saat proses penanaman awal, rumput sangat membutuhkan air. Air di sini bukan air menggenang tetapi tanah harus dalam kondisi basah, bukan becek. Ini dikarenakan air yang becek dapat membuat akar, batang, dan daun menjadi busuk dan mati. Untuk itu, penanaman rumput gajah mini tidak disarankan saat intensitas hujan tinggi karena selain air hujan dapat mengangkat rumput dari tanah, juga membusukkan seluruh tanaman ini. Untuk proses perawatan, rumput gajah mini harus mendapat air di pagi dan sore hari.

FOTO JOU ENDHY PESSUARISA LOKASI KEDIAMAN REINIR SANURIANSYAH DAN CUT LISA HANIDA, KEMANG PRATAMA, BEKASI ARSITEK IR. FAISAL SABIRIN KONSULTAN PT AMTARA NIRMALA

TAN RAHARDIAN KEDIAMAN RACHMADI NOOR DAN ROSA AUGUSTINA, JATIBENING, BEKASI THERESIA ASTRID WULANINGSARI TAW & PARTNERS

FOTO LOKASI ARSITEK KONSULTAN

Saat rumput gajah mini terkena sinar matahari minimal 4—5 jam, tanaman ini

tumbuh dengan maksimal.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.