PENGISAP DEBU TANPA KANTONG DEBU

Tanpa kantong bukan berarti ia tak bisa mengisap debu. Tanpa kantong membuat alat ini makin ringkas dan mudah digunakan.

Rumah - - Peranti -

Debu di rumah sering kali membuat kita kewalahan. Apalagi jika dia berada di lokasi “sulit” seperti sofa, karpet, dinding, sudut di langit-langit. Menggunakan sapu tak bisa menjangkau sudut dan seringkali tak bisa membersihkan dengan tuntas. Untuk itu, ada satu cara yang dapat dipilih untuk dapat memudahkan aktivitas bersihbersih ini, yaitu menggunakan vacuum cleaner (pengisap debu).

Pengisap debu dapat membuat kegiatan membersihkan rumah menjadi lebih ringan. Namun, terkadang orang enggan dan merasa malas untuk membersihkan rumah menggunakan pengisap debu, karena merasa alat ini berat, membutuhkan tenaga untuk mengambil dan memindahkannya. Banyak juga yang tak menggunakannya karena enggan membersihkan pengisap debu, terutama bagian kantong debu. Ada kemungkinan kantong bisa robek, sehingga debu berceceran. Selain itu, juga meski sudah dibersihkan seringkali masih ada debu yang masih menempel. Kekurangan lainnya adalah, kantong debu ini harus diganti secara berkala.

KANTONG BERGANTI WADAH PLASTIK

Berangkat dari permasalahan itu, beberapa produsen mengeluarkan produk pengisap debu tanpa kantong debu atau bagless. Fungsi kantong debu— sebagai tempat mengumpulkan debu—digantikan oleh wadah rigid yang terbuat dari plastik.

Wadah ini didesain agar mudah dikosongkan dan dapat langsung dicuci. Ia pun dapat dilepas dan dipasang dengan mudah sehingga tidak sulit untuk membersihkannya, tinggal dicuci saja dan dipasang kembali. Debu juga dapat terlihat jelas dari luar, sehingga mudah untuk melihat ketika kotoran penuh. Selain itu ia lebih hemat biaya, karena tidak perlu mengganti kantong debu secara berkala.

UKURAN KECIL

Karena tak ada kantong, desain pengisap debu ini jadi ringkas. Ukurannya sedikit lebih kecil ketimbang pengisap debu dengan kantong, sehingga sangat praktis dan membantu dalam melakukan pekerjaan membersihkan rumah. Karena kecil, ia juga dapat disimpan di mana saja. Bentuknya yang simpel membuatnya nyaman digunakan untuk membersihkan debu dari furnitur serta permukaan yang halus seperti sofa, karpet, dan lain sebagainya.

Kekurangan pengisap debu tanpa kantong adalah harganya yang lebih mahal dibanding pengisap debu biasa. Wadah penyimpanannya juga terbatas, karena ukurannya tak bisa besar. Selain itu, debu dapat langsung mengenai pengguna ketika dibersihkan, sehingga kurang cocok bagi mereka yang alergi debu.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.