KANTONG PLASTIK SEKARANG BERBAYAR!

Rumah - - Rumah Sehat -

Kantung plastik kresek merupakan alat pengemas yang paling banyak dipergunakan karena murah, praktis, dan mudah didapat. Namun, mulai 21 Februari 2016, kantung plastik tak lagi gratis. Untuk mengurangi sampah plastik, 22 kota di Indonesia menerapkan kebijakan kantung plastik berbayar saat peringatan Hari Peduli Sampah Nasional. Ke-22 kota tersebut adalah Bogor, Jakarta, Bandung, Bekasi, Depok, Tangerang, Solo, Semarang, Surabaya, Denpasar, Palembang, Medan, Balikpapan, Banjarmasin, Makassar, Ambon, Papua, Jayapura, Pekanbaru, Banda Aceh, Kendari, dan Yogyakarta.

Hal ini berdasarkan Surat Edaran Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Nomor S.1230/PSLB3-PS/2016 yang menetapkan bahwa permintaan kantong plastik saat berbelanja akan dikenakan biaya. KLHK menetapkan harga minimal standar Rp200 untuk setiap kantong plastik, namun sejumlah kota memberikan tarif harga yang lebih tinggi agar masyarakat lebih terbebani dan berinisiatif untuk membawa tas belanja sendiri dari rumah.

Memang sulit melepaskan diri dari pengaruh plastik yang sulit didaur ulang ini. Namun, kalau bukan kita, siapa lagi yang akan menyelamatkan bumi ini. Mulai sekarang, yuk, kurangi penggunaan sampah plastik!

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.