Kiat Bikin Dapur Murah

Mulai rp10 Juta-an

Rumah - - Halaman Depan -

1. UKURAN

semakin luas dapur ( kitchen set) yang anda buat, maka semakin mahal harganya. agar biaya tidak membengkak, buat dapur sesuai dengan kebutuhan anda. kebutuhan itu harus sejalan dengan aktivitas memasak. jika anda termasuk yang rajin memasak, maka dapur dapat dirancang berukuran besar. jika tidak, anda cukup membuat yang berukuran kecil saja. anda juga harus memerhatikan ukuran ruangan dapur anda. buatlah seproporsional mungkin agar tampilan kitchen set tetap cantik dan menarik jika dibandingkan dengan luas ruangan.

2. MATERIAL

Material memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap harga dapur secara keseluruhan. beda material, tentu beda harganya. ini yang bisa anda mainkan. anda tidak perlu memilih semua material nomor satu jika dana tidak mencukupi. yang terpenting, material alternatif yang anda pilih tetap memenuhi syarat dan kelayakan, baik dari sisi fungsional maupun artistiknya. ini berlaku untuk semua elemen dari mulai kabinet, table top, back panel, hingga aksesori dan finishing- nya.

3. FINISHING

sama seperti material, ada banyak jenis finishing yang dapat anda aplikasi, seperti cat solid colour (duco), melamik, laquer, hpl, tacosheet, melaminto, dan sebagainya. tinggal anda sesuaikan dengan konsep desain rumah dan dapur secara keseluruhan. tak menutup kemungkinan jika anda mengekspos material di elemen atau sudut tertentu sehingga dapat menghemat biaya. yang diperlukan di titik ini adalah kreativitas.

4. AKSESORI

sedikit banyak, aksesori juga berpengaruh terhadap biaya dapur. aksesori ini meliputi, handle daun pintu kabinet dan laci, engsel, lampu kabinet, rak tempat penyimpanan, dan lain-lain. anda tidak perlu memilih aksesori yang mahal. yang terpenting adalah aksesori tersebut tahan terhadap karat, fungsional, dan tidak mudah rusak.

5. TEKNOLOGI

ada banyak teknologi yang muncul dapur, seperti smoot silent (menutup laci atau pintu kabinet tanpa suara) atau mesin pembersih peralatan dapur yang higienis dan langsung kering. jika dana terbatas, teknologi ini masih bisa dikesampingkan terlebih dulu. yang penting, fungsi dapur tetap terpenuhi dengan baik dan tidak menyusahkan saat dipakai.

6. DESAINER

siapa pembuat dapur anda? Membuat dapur melalui jasa desainer interior, pastinya akan berbeda harga jika dibandingkan produsen dapur merek ternama, tukang khusus, atau tukang biasa. semua memiliki kelebihan dan kekurangan. yang perlu anda perhatikan adalah cermat memilih pembuat, sesuaikan dengan dana, dan jangan sampai tertipu penampilan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.