Perkuat Sambungan Gipsum

Sambungan gipsum cenderung bermasalah. Ini dikarenakan material gipsum dan sambungan ( compound) memiliki komposisi yang berbeda. Agar sambungan ini tetap kuat dan tampak lebih rapi, Anda bisa manambahkan pita kertas.

Rumah - - Halaman Depan - TEKS EMILIA NURIANA emilianuriana@gmail.com

Penggunaan gipsum sebagai material penyekat dinding tetap menjadi pilihan banyak orang, terutama bagi mereka yang tinggal di apartemen. Material gipsum dianggap lebih mudah diaplikasi dan cepat pemasangannya. Materialnya yang ringan dan tersedia dalam bentuk lembaran pun dianggap memudahkan banyak orang, khususnya dalam hal mobilitas.

Hanya saja, ada kelemahan yang kerap terjadi pada dinding gipsum. Ukuran gipsum yang terbatas memaksa tukang untuk meyambung gipsum satu dengan lainnya. Jika pemasangannya tidak benar, sambungan ini kerap menjadi masalah, seperti ikatan gipsum mudah terputus, mengganggu penampilan interior rumah, hingga mengakibatkan retak.

Kebanyakan, pemasangan atau perbaikan dinding gipsum hanya dilakukan dengan cara menambahkan compound di antara gipsumnya. Tetapi tahukah Anda, komposisi material dan berat jenis yang berbeda antara gipsum dan compound membuat material ini mudah terlepas. Untuk menguatkan keduanya, Anda bisa menggunakan pita kertas penguat sambungan papan gipsum?

Pita ini diaplikasi setelah dinding gipsum terpasang dan compond yang mengisi celah antar-gipsum kering. Tinggal Anda rekatkan di antara gipsum sehingga membuat pita ini menutup coumpound gipsum. Jangan khawatir, walau bentuknya pita, tetapi tidak akan mengganggu keindahan dinding gipsum karena ukurannya sangat tipis. Jadi, jika Anda ingin menempel wallpaper atau mengecat dinding gipsum pun tidak akan masalah.

Ada banyak pilihan pita kertas khusus papan gipsum di pasaran. Misalnya UB tape dari USG Boral Jaya, produsen produk gipsum Jayaboard, atau Kalsi tape dari Kalsiboard. Produk ini biasanya dijual dengan harga mulai dari Rp38.000/gulung.

FOTO DOk. USG BOral

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.