KIAT BIKIN DAPUR MURAH

jika dibandingkan furnitur lain di dalam rumah, biaya membuat furnitur dapur dianggap sangat mahal. bagaimana menyiasati dapur yang mahal?

Rumah - - Laporan Utama - TEKS irFan hidayat irfan@tabloidrumah.com FOTO jou endhy pessuarisa

Dapur bukan lagi menjadi sekadar ruang untuk memasak. Kini fungsi dapur kian berkembang, seperti tempat sarapan, mengobrol, mengajari anak belajar, arisan, hingga rapat keluarga. Tak heran, jika dapur semakin diperhitungkan keberadaannya. Bahkan, dapur yang awalnya ditempatkan di area tersembunyi, kini banyak diekspos dan dijadikan sebagai point of interest di dalam rumah.

“Tak dapat dipungkiri, tampilan dapurdapur sekarang semakin fashionable,” ungkap Nirwana, interior desainer sekaligus pemilik konsultan desain B’One Design. Tak hanya dari bentuknya yang variatif, tetapi pilihan finishing, aksesori, dan teknologi pun semakin membuat dapur tampil memukau. Permasalahannya, kebutuhan akan dapur yang fungsional sekaligus estetis membuat harga dapur ( kitchen set) semakin mahal.

Nirwana setuju bahwa kitchen set termasuk furnitur di dalam rumah yang harganya tidak bisa diprediksi. “Kalau saya lihat, jarang ya harga kitchen set dapur di bawah Rp20 juta. Sekarang ini, harga

kitchen set dapur bisa menyentuh harga Rp300 jutaan bahkan lebih,” ucap Nirwana. Tapi, Nirwana menegaskan, jika keuangan Anda berlebih tidak masalah membeli

kitchen set dapur yang mahal. Jika tidak, semua harus disesuaikan dengan kebutuhan dan dana.

Walau mengakui bahwa kitchen set harganya mahal, Nirwana mengutarakan bahwa dengan dana terbatas pun Anda bisa memiliki dapur yang fungsional sekaligus cantik. “Walau patokan harga dapur memang tinggi, tetapi selalu ada ruang untuk menyiasatinya,” ucap Nirwana. Jadi, Anda tidak perlu khawatir. Lantas, bagaimana cara menyiasati dapur yang mahal?

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.