indeKoS Putri Modern

Rumah - - Konsultasi -

T

Dear Pak Wijoyo Hendromartono, Kami memiliki tanah hoek berbentuk segi lima dengan luas 133m2. Rencananya, di tahun 2016 ini akan kami bangun indekos putri 2 lantai. Lahan kami memang terletak di daerah kos-kosan karena dekat dengan salah satu universitas terkenal di Semarang. Jalan berada di sebelah barat. Di seberang jalan adalah tanah yang masih kosong. Sebelah utara adalah rumah tetangga 1 lantai sedangkan sebelah timur adalah indekos putri 2 lantai. Perlu diketahui bahwa jalan ke arah utara adalah jalan buntu sehingga jarang ada kendaraan yang berlalu lalang. Saya menginginkan ruang-ruang sbb. 1. Minimal 10 kamar kos dengan ukuran 2,5m × 3m

dengan teras di sepanjang kamar. 2. 1 kamar pembantu lengkap dengan dapur mini. 3. 5-6 buah kamar mandi. 4. Lobby/ ruang menerima tamu. 5. Ruang parkir untuk sepeda motor dengan atap kanopi

di atasnya. 6. Ruang cuci, jemur, dan setrika, serta merangkap

gudang. 7. Taman kecil untuk penghijauan.

Saya ingin pagar dengan bentuk dan warna yang menarik perhatian orang, misalnya ada lampunya. Saya juga menginginkan rumah kos yang modern dengan bentuk/warna yang ceria. Semoga bapak Wijoyo dapat membantu dalam mendesainkan kos kami. Terima kasih atas bantuan dan perhatiannya. Kami menunggu jawabannya.

Heriawan, Semarang

J Bapak Heriawan yang baik Terimakasih untuk kiriman pertanyaannya.

Anda beruntung sekali memiliki lahan strategis yang bisa menghasilkan passive income. Memanfaatkan properti untuk dijadikan rumah kos, merupakan salah satu penghasil passive income yang menjanjikan. Tentunya untuk membangun rumah kos ini, saya percaya Anda telah menghitung dengan baik biaya pembangunannya serta penghasilan yang kelak akan didapat secara berkala.

Dalam merencanakan dan merancang sebuah bangunan, ada kendala dan peraturan yang harus kita taati. Contohnya adalah peraturan membangun yang mencakup luas bangunan, batas bangunan, tinggi bangunan, dll. Setiap daerah punya peraturan yang bisa saja berbeda dengan daerah lainnya. Jadi nanti dalam mengajukan Izin Mendirikan Bangunan, Anda harus menyesuaikan ide desain yang saya berikan ini dengan peraturan yang berlaku di Semarang.

Dengan kondisi lebar jalan 5,00m yang ada, saya mengasumsikan GSB (Garis Sempadan Bangunan) adalah 2,00-2,50m dari batas jalan. Karena letak lahan rumah Anda berada di hoek, maka GSB rumah Anda adalah pada bagian depan dan samping rumah. Batas tembok atau dinding terdepan tidak boleh melalui GSB tersebut. Lalu ada Koefisien Dasar Bangunan (KDB), yaitu luas dasar bangunan atau area lahan yang terbangun dalam persentase, bisa 40-90% tergantung dari peruntukan lahan di daerah masing-masing. Ada juga Koefisien Luas Banguinan (KLB); luasan dasar tadi bisa dikalikan suatu koefisien untuk mendapatkan luasan maksimal yang diijinkan. Perhitungan peraturan ini dapat Anda tanyakan di kantor kelurahan atau kecamatan setempat.

AreA ServiS di LAntAi 3

Dari kebutuhan ruang dan perhitungan yang saya lakukan, di lantai 1 hanya bisa menampung 4 kamar kos, karena harus ada ruang penerima tamu dan dapur. Untuk rumah kos putri, disarankan atau sudah menjadi keharusan untuk tidak boleh menerima tamu pria. Oleh sebab itu perlu ruang tamu yang terbuka, cukup luas untuk bisa menerima tamu-tamu, ditambah dengan dapur bersama. Selain itu perlu ruang juga untuk sirkulasi. Tangga misalnya, saya coba letakkan di luar ruangan, menempel pada pinggiran bangunan, agar luas ruang tidak berkurang banyak.

Dengan demikian karena untuk mendapatkan jumlah ruang tidur yang Anda inginkan (10 buah), maka terpaksa area servis harus berada di lantai 3. Rasio perbandingan kamar mandi bersama 1:2 (5 kamar mandi : 10 ruang tidur) juga saya rasa cukup.

Koridor terbuKA

Agar kamar kos tidak panas dan pengap, perlu sirkulasi udara yang cukup. Oleh sebab itu koridor saya buat “terbuka” namun tetap bisa menjaga keamanan dan privasi penghuninya; yaitu dengan menutup dinding koridor dengan kerawang. Kamar-kamar tidak akan terlihat, namun udara tetap dapat bergerak sepanjang koridor.

Untuk area servis di lantai 3, dinding kerawang saya buat sedemikian rupa untuk menyamarkan atap ruang servis dan ruang tangga, sehingga seolah-olah bangunan hanya 2 lantai. Area servis ini juga harus selalu terjaga kebersihannya, oleh sebab itu ruang pembantu

saya letakkan di lantai 3 agar dalam mengerjakan pekerjaan sehari-harinya tetap juga bisa menjaga kebersihan area servis. Karena anak-anak kos juga pasti akan menggunakan area cuci jemur untuk mencuci pakaiannya yang sangat pribadi.

Semoga jawaban dari kami berkenan dan pembangunan rumah kos dapat segera terlaksana. Salam.

LANTAI 1

1. Teras entrance 2. Parkiran motor 3. Ruang penerima tamu 4. Dapur 5. Kamar kos 6. Kamar mandi bersama

LANTAI 2

7. Kamar kos 8. Kamar mandi bersama

LANTAI 3

9. Ruang Pembantu 10. Gudang 11. Kamar mandi 12. Ruang cuci jemur

Diasuh oleh: ARSITEK Wijoyo Hendromartono

Anda punya masalah seputar pengembangan rumah? Layangkan pertanyaan sejelas mungkin dan sertakan denah asal rumah ke RUMAH melalui surat ke alamat Jl. Raya Panjang No. 8A Gedung Unit 1 Lt 6 Jakarta 10270 atau melalui

e-mail di redaksi@tabloidrumah.com. Cantumkan kata “Konsultasi” pada amplop surat atau judul e-mail.

LANTAI 1

LANTAI 2

LANTAI 3

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.