Menyeruput Kopi Sambil Bertransaksi

Di belahan negara lain, bank tak lagi dihiasi oleh antrean panjang dan meja pelayanan konsumen yang terkesan kaku. Bank “berevolusi”, fungsinya tak sekadar tempat bertransaksi tapi sarana berkumpul yang seru dan santai.

Rumah - - Serba Serbi - TEKS SELVIA MARTIANI selvi@tabloidrumah.com DI INDONESIA JUGA ADA TAK PERLU ANTRE

Tren kedai kopi atau popular disapa coffee shop rupanya tak hanya merambah dunia kuliner. Sektor perbankan pun kini mengadopsi konsep coffee shop ke dalam fasilitas mereka. Sebenarnya, konsep bank ala coffee shop ini sudah diperkenalkan sejak beberapa tahun silam. Salah satu pelopornya adalah Capitol One Financial Corp, yang membuka Capitol One 360 Boston, Amerika Serikat. Perusahaan perbankan ini melayani fasilitas perbankan dengan konsep coffee shop.

Di Capitol One 360 Anda tak akan menemukan antrean panjang untuk bertransaksi ataupun meja layanan konsumen. Yang tersedia di tempat ini adalah kursi nyaman laiknya di kafe-kafe. Setiap transaksi keuangan dilakukan secara online dengan jaringan Wi-Fi gratis. Nah, sambil bertransaksi, setiap pengunjung dapat menyeruput kopi di lounge (area duduk) yang disediakan.

Tidak perlu pergi jauh ke negeri Paman Sam untuk menikmati fasilitas perbankan ini. Di Indonesia, fasilitas ini sudah tersedia. Adalah KEB Hana Bank yang baru-baru ini memperkenalkan Hana Lounge, fasilitas perbankan yang menawarkan sensasi bertransaksi di sebuah coffee shop. Boleh dikatakan, KEB Hana Bank merupakan bank pertama yang memperkenalkan fasilitas ini di Indonesia.

Hana Lounge yang terletak di Wisma Mulia, Jl. Gatot Subroto, Jakarta Pusat, terdiri dari dua lantai, yakni lantai dasar dan lantai mezanin. Lantai mezanin digunakan sebagai fasilitas perbankan pada umumnya, ada meja teller dan customer service, sedangkan lantai dasar merupakan area lounge yang digunakan pengunjung untuk menyeruput kopi dan menikmati kudapan roti. Untuk menunjang kenyamanan konsumen, desain interiornya dibalut dalam sentuhan industrial dengan permainan bata ekspos pada bidang dindingnya.

Seperti halnya Capitol One 360, di Hana Lounge juga pengunjung tak perlu repotrepot mengantre untuk dilayani. Pasalnya, bank asal Korea Selatan ini memiliki fasilitas mobile customer service yang akan melayani setiap pengunjung yang datang. Bila hanya ingin melihat promo yang ditawarkan KEB Hana Bank, pengunjung dapat menggunakan fasilitas tablet banking yang tersedia di lounge. Di kala bosan, mereka dapat menyaksikan cuplikan film terbaru yang sedang tayang di CGVblitz pada layar multimedia yang tersedia di tengah lounge.

Selain menawarkan fasilitas perbankan ala coffee shop, Hana Lounge juga menyediakan fasilitas ruang semi-privat yang dapat digunakan pengunjung untuk rapat atau sekadar beramah tamah. Hana Lounge dapat dinikmati oleh semua lapisan masyarakat. Namun, untuk menikmati kopi dan roti secara gratis, Gempur Eskandaru Widansyah, Funding and Wealth Management Business Division Head KEB Hana Bank mengungkapkan nasabah Hana Bank harus memiliki dana minimal Rp10 juta di rekening bank mereka.

Selain memanjakan konsumen, fasilitas perbankan dengan konsep coffee shop ini menjadi ajang pemasaran yang menarik. Tidak heran bila konsep ini akan menjadi tren baru di dunia perbankan. Keren, ya!

DOK. KEB HANA BANK

ruang multimedia yang memungkinkan pengunjung dapat menonton cuplikan film terbaru yang sedang tayang di CGVblitz.

Www.businesswire.com

Capitol One 360 yang berlokasi di Boston, Amerika Serikat menjadi salah satu bank yang menggabungkan konsep perbankan dan coffee shop.

DOK. KEB HANA BANK

Fasilitas perbankan ini juga dilengkapi dengan area pengisian baterai, sehingga pengunjung tetap selalu terkoneksi.

DOK. KEB HANA BANK

KEB Hana Bank, menjadi bank pertama di Indonesia yang mengusung konsep coffee shop dalam fasilitas perbankan mereka.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.