RUMAH PINGGIRAN ATAU APARTEMEN TENGAH KOTA

Rumah di daerah penyangga atau apartemen di tengah kota tentu ada plus dan minusnya. Pelajari dan amati dahulu sebelum kita memilih hunian untuk masa depan.

Rumah - - Laporan Utama - TEKS APARTEMEN DI TENGAH KOTA RUMAH DI PENYANGGA JAKARTA

TIYA SEPTIAWATI tiyaseptiawati@gmail.com idup adalah perkara memilih. salah satu fase dalam hidup yang pasti dilewati ialah memilih tempat tinggal. ada yang membeli rumah besar di pinggiran kota, ada juga yang lebih suka menyewa apartemen kecil di tengah kota. setiap orang tentu punya pertimbangan sendiri-sendiri mengenai hunian pilihannya.

bagi sebagian masyarakat Jakarta, faktor utama menentukan tempat tinggal ialah alasan jarak antara tempat tinggal dan tempat bekerja. seberapa jauh jarak tempuh itu berbanding lurus dengan pilihan mereka saat memilih hunian. semakin dekat, maka biasanya semakin memikat.

apartemen lazim dibangun di lokasi yang strategis. misalnya, di tengah kota dengan fasilitas pendukung yang lengkap dan terhubung dengan kawasan bisnis. akses transportasi publik, pusat perbelanjaan, sekolah, rumah sakit melekat pada kawasan itu.

di sana, infrastruktur kota juga dibangun lebih terintegrasi. Jalur kereta atau rute bus yang melintas juga membelah pusat aktivitas kota. Jarak tempuh dari apartemen ke pusat perkantoran jauh lebih singkat. itulah barangkali, yang jadi pertimbangan dasar apartemen itu berdiri di tengah kota. sarana dan prasarana sudah lengkap.

menurut data dari colliers international, jumlah apartemen yang akan dibangun di Jakarta pada tahun 2016-2017 ialah 89 apartemen. berdasarkan data pasar property secondary indonesia, permintaan apartemen di beberapa wilayah pun terbilang tinggi, namun penyediaannya masih sangat terbatas. misalnya, permintaan apartemen di wilayah Jakarta barat cukup tinggi, yaitu mencapai 57,83%, namun ketersediaannya hanya 20,61%.

dalam kurun waktu 9 tahun terakhir, rata-rata harga yang dinaikkan oleh pengembang per tahun, yaitu sekitar 18%. sebagai contoh, pada kawasan pusat bisnis, harga apartemen naik sebesar 39% sehingga harganya menjadi rp 42 juta/ m2. kenaikan harga pada sektor hunian apartemen masih akan naik dari tahun ke tahun. Hal ini didukung oleh daya beli apartemen yang terus naik.

semakin banyaknya permintaan apartemen membuktikan bahwa masyarakat menilai apartemen merupakan hunian yang menguntungkan. bukan hanya faktor lengkapnya fasilitas dan lokasi yang strategis, harga apartemen pun semakin naik. Para pembeli tidak hanya bisa menjadikan apartemen sebagai tempat tinggal, namun juga bisa disewakan kepada orang lain.

lantas, bagaimana dengan rumah tapak di pinggir kota? bila diperhatikan, sebagian besar pekerja di tengah kota Jakarta pun tinggal di kawasan penyangga ibu kota, seperti bekasi, bogor, depok, dan tangerang. banyak dari mereka memilih kawasan perumahan yang berjarak hingga 50 km dari tempat mereka kerja. badan Pusat statistik mencatat ada sekitar 2,43 juta warga penglaju (komuter) yang tinggal di daerah “tetangga” (bogor, depok, tangerang, dan bekasi) melakukan perjalanan ke Jakarta setiap harinya untuk bekerja.

banyak yang beranggapan bahwa tinggal di rumah tapak lebih menyenangkan karena suasana lingkungannya yang lebih tenang. Hal ini didasari oleh posisinya yang terletak jauh dari hiruk pikuk perkotaan. walaupun begitu, hal ini justru juga menjadi kekurangannya.

karena berada di pinggir kota, fasilitasfasilitas yang tersedia tidak selengkap jika berada di pusat kota. anda juga harus siap untuk menghabiskan waktu dan biaya akomodasi jadi lebih mahal jika tempat kerja atau aktivitas anda jauh dari rumah.

menurut eddy Ganefo, ketua aPersi, cara mudah memilih antara rumah dan apartemen adalah dengan melihat kebutuhan. dengan begitu, anda dapat dengan mudah menentukan mana tempat tinggal terbaik untuk anda. Pilihan rumah pinggir kota maupun apartemen tengah kota tentu ada di tangan masing-masing orang, tergantung kebutuhan, selera, dan dana yang tersedia. selain untuk tempat tinggal, rumah dan apartemen juga bisa dijadikan sebagai alat investasi mengingat harganya yang terus melambung tinggi. menyewakan apartemen atau menjual rumah juga bisa jadi pemasukan anda.

untuk memudahkan anda dalam menentukan pilihan, rumaH telah merangkum kelebihan serta kekurangan dari keduanya, mulai dari segi investasi, fasilitas, dan legalitas. untuk anda yang saat ini telah memilih rumah pinggiran atau apartemen tengah kota, rumaH juga telah membuat simulasi biaya yang harus anda keluarkan bila anda bekerja di pusat kota.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.