Perlukah Berganti Hunian?

Saat ini, lokasi tempat kerja bisa berperan sebagai penentu di mana kita akan tinggal. Karena hal itu menyangkut aktivitas kita sehari-hari. Untuk membantu menemukan solusinya, Anda bisa memperhatikan pertimbangan dan simulasi yang RUMAH tawarkan sini.

Rumah - - Laporan Utama - TEKS

WINDA DEWANTARY windadewantary@gmail.com ertimbangan untuk berganti hunian adalah permasalahan yang tidak sederhana bagi setiap orang. Mengapa? Karena keputusan ini bisa menyangkut banyak faktor. Terlebih bagi masyarakat yang tinggal di perkotaan seperti di Jakarta. Perlu disadari dengan banyaknya aktivitas dan kepentingan, jarak tempuh bisa jadi alasan yang paling penting. Kondisi kemacetan di Jakarta yang makin hari makin padat juga dirasa sudah sangat kronis. Maka, semakin dekat jarak dari hunian ke lokasi bekerja tentu akan sangat membantu dalam beraktivitas.

Tinggal di apartemen memanglah nyaman, ditambah lagi dengan segudang fasilitasnya yang pasti akan memanjakan penghuninya. Namun, tidak sedikit juga orang-orang yang lebih memilih untuk tinggal di rumah meskipun berada di pinggiran kota. Alasannya pun beragam, mulai dari lebih nyaman dan aman, dan lebih bisa mengeksplorasi rumah itu sendiri.

Tetapi hal itu lalu tidak membuat rumah juga menjadi pilihan yang terbaik. Rumah di pinggir kota juga memiliki kekurangan, di antaranya dari sisi jarak dan kesulitan akses menuju lokasi kerja yang berada di tengah kota. Sedangkan jika Anda memilih untuk tinggal di apartemen, Anda bisa memilih apartemen yang lokasinya memang dekat dengan tempat kerja Anda. Namun juga harus disadari Anda akan mengeluarkan biaya bulanan yang lebih tinggi jika tinggal di sana.

Menurut Amran Nukman, Ketua DPD Realestat Indonesia (REI) DKI Jakarta, memilih untuk tinggal di apartemen tengah kota atau rumah tapak di pinggir kota menyangkut banyak pertimbangan, selain harga. Bisa dilihat dari lingkungan, suasana keakraban antar tetangga, lokasi pendidikan anak, udara yang segar, air bersih, biaya bulanan lingkungan, luas hunian, bahkan kedekatan dengan tempat tinggal keluarga dekat tentu menjadi hal yang perlu diperhatikan.

Namun jika berbicara dari segi investasi, sebenarnya untuk rumah maupun apartemen samasama memiliki nilai yang bagus untuk investasi. Hanya saja harus disesuaikan dengan lokasi dan harganya. Apartemen sederhana sampai mewah bisa Anda dapatkan di dalam kota. Namun rumah sederhana tentu akan berada di wilayah penyangga Jakarta.

Jika Anda masih belum menemukan gambaran perlukah berganti hunian, berikut kami paparkan simulasi 2 nara sumber. Yang satu bertempat tinggal di apartemen tengah kota dan yang satu lagi tinggal di rumah pinggir kota, dengan lokasi kerja yang sama yaitu berada di pusat kota. Dari kondisi berikut kita akan bisa mendapatkan perkiraan perlukah kita untuk berganti hunian.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.