Berikan Panggung untuk Lantai

Rumah - - Serambi - dian@tabloidrumah.com @dekardha Made Mardiani Kardha Editor in Chief

Saat Anda ingin membangun atau merenovasi rumah, elemen interior apa yang Anda anggap penting? Dinding, plafon, atau lantai? Ataukah furnitur serta elemen-elemen dekoratif?

Banyak orang yang meributkan soal dinding. Pakai wallpaper atau cat, mau warna ini atau itu. Banyak juga yang meributkan soal furnitur. Mau sofa kulit atau sofa kain, mau bentuk lurus atau bentuk L. Tapi, tidak banyak yang meributkan soal lantai. Palingpaling perdebatan serunya ada di warna krem atau putih, ukuran segini atau segitu, serta merek ini atau itu.

Bila saat ini Anda sedang membangun atau merenovasi rumah, mulailah berpikir lebih detail soal lantai. Jangan mentang-mentang posisinya di bawah dan diinjak lalu ia menjadi tidak krusial.

Mengapa lantai jadi penting? Karena lantai menempel kuat pada bangunan. Artinya, sekali terpasang, sulit menggantinya. Bukan tidak bisa, hanya saja membongkar lantai akan jadi pekerjaan yang sungguh-sungguh menyebalkan, karena menimbulkan debu di seluruh ruang. Beda dengan mengganti warna dinding yang tidak terlalu merepotkan.

Tapi di luar itu, lantai adalah elemen yang sesungguhnya sangat berperan besar dalam membentuk suasana ruang. Porsinya yang besar dalam satu bangunan, membuat lantai juga memainkan peran yang besar.

Coba bayangkan satu ruang luas yang lantainya ditutupi parket. Bandingkan dengan satu ruang luas yang lantainya ditutupi keramik putih mengilap. Berada di kedua ruang tersebut tentu akan berbeda rasanya.

Melihat perannya yang besar, sudah sepatutnya lantai mendapat perhatian penuh. Lantai yang indah akan menaikkan nilai artistik sebuah rumah. Bila Anda senang bereksperimen, sesekali berikan panggung utama untuk lantai. Dan biarkan yang lainnya jadi pendukung.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.