Resep menata Interior rumah 58m2

Rumah - - HALAMAN DEPAN -

Interior di rumah mungil selalu menarik dibahas. Christina Suwardi, desainer interior sekaligus pemilik konsultan desain bernama PT Cipta Desain Arsitektur Mandiri, mengungkapkan ada banyak tantangan yang dihadapi saat harus mendesain rumah berukuran terbatas atau mungil. Termasuk, saat dia harus mendandani rumah seluas 58m2 yang berlokasi di Grand Wisata Bekasi ini. Apa saja siasat yang diterapkan Christina dalam merancang interior rumah mungil ini agar terlihat lega?

PILIH FURNITUR RINGAN DAN SIMPEL

Sebelum melangkah jauh, Anda perlu terlebih dahulu merancang konsep desain dan pilihan furnitur yang tepat. “Pastikan furnitur terkesan ringan agar tidak membuat suasana ruang menjadi compact atau padat dan juga berat,” ujar Christina Suwardi. Di rumah ini, Christina memilih desain furnitur yang simpel dan minim detail. Ini terlihat dari bentuk furnitur kursi, sofa, meja, dinding panel, dan lainnya, yang dibuat simpel.

Jika ruangnya terbatas, Christina lebih menyarankan untuk membuat furnitur custom, bukan beli jadi. Ini untuk mencegah furnitur terlihat lebih besar atau lebih kecil dari ruangan, sehingga keberadaan furnitur jadi tidak proporsional. Furnitur yang terlalu besar akan membuat ruang sempit semakin menyempit, sementara jika terlalu kecil akan membuat ruang terlihat kosong. Di rumah ini, semua furnitur didesain secara custom sehingga tampilannya terlihat pas dan proporsional.

WARNA RUANG KE ARAH MONOKROM

Warna memiliki pengaruh yang sangat kuat di dalam interior. Christina mengungkapkan bahwa, pemilihan warna yang kurang tepat dapat membuat ruang terlihat semakin sempit. Idealnya, warna-warna yang dihadirkan di ruang terbatas adalah warnawarna yang terang dengan gradasi warna monokrom. Warna ini dianggap lebih aman dan cocok untuk Anda terapkan di ruang terbatas.

Di rumah ini, gradasi warna hitam, putih, dan abu-abu menjadi elemen yang hampir membanjiri setiap ruangnya. Warna-warna netral ini mampu memberi

Warna gelap akan memberi kesan elegan. Aplikasikan hanya pada salah satu dinding ruang makan agar ruangan tidak terlihat sempit. Usahakan menambah bukaan yang cukup besar agar ruangan tampak lebih luas.

Panel kayu yang dipadankan dengan side board berwarna gelap menjadi focal point dan memberi kesan natural pada rumah mungil ini.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.