ELEGAN DENGAN COKELAT DAN PUTIH

Paduan warna cokelat dan putih serta permainan plafon menjadikan apartemen ini tampil elegan tanpa menimbulkan kesan berlebihan.

Rumah - - RUMAH KITA - TEKS EMILIA NURIANA emilianuriana@gmail.com FOTO ADELINE KRISANTI

Sentuhan klasik pada desain interior memang tidak ada habisnya. Banyak orang yang meminati desain ini karena kesan elegan yang ditimbulkannya. Tapi tidak sedikit juga orang yang urung memberikan sentuhan klasik pada interior karena khawatir tidak cocok dan menjadi terlalu “berat”. Keterbatasan ukuran ruangan biasanya yang menjadi kendala.

Tapi sentuhan klasik pada unit apartemen di bilangan Jakarta Barat ini bisa dibilang cukup berhasil ditampilkan. Franklin Rachmawan, sang arsitek dari 1+8 Architect mengkolaborasikan sentuhan klasik dan modern dalam satu ruang tanpa meninggalkan kesan mewah. “Pemilik unit apartemen sejak awal menginginkan konsep klasik modern, namun dengan warna yang cerah,” kata Franklin.

Karena permintaan itu, Franklin kemudian memilih warna cokelat dan putih sebagai warna utama. Agar tidak monoton, Franklin memberikan variasi motif pada wallcover dan pajangan dinding. Menariknya, Franklin memilih jenis wallcover 3D pada dinding ruang makan. Wallcover ini memantulkan cahaya lampu, sehingga dinding tampak berwarna-warni. “Wallcover 3D dipilih karena bisa jadi variasi yang bagus tapi dan tidak terlalu ramai jika dipadukan dengan sentuhan klasik,”ujar Franklin.

SEBAGAI TEMPAT BERKUMPUL

Meski ukuran apartemen ini terbilang cukup luas, pemilik sengaja tidak menggunakan sekat dinding sebagai pemisah ruangan. Bahkan ada ruangan yang sengaja disatukan misalnya ruang tamu dan ruang keluarga. “Pemilik rumah sering mengadakan kumpul keluarga, jadi menginginkan ruang tamu sekaligus ruang keluarga yang luas,” ucap Franklin.

Selain ruang keluarga, ruang makan juga jadi tempat favorit pemilk rumah untuk kumpul keluarga. Karena itulah ruang makan dibuat luas dan menyatu dengan dapur bersih. “Ruangan ini banyak menggunakan motif bunga-bunga sebagai variasi dari warna cokelat dan putih pada ruangan lain,” kata Franklin menjelaskan.

Kesan mewah pada dapur dipancarkan dari warna perak dan ornamen pada kitchen set. Plafon up ceiling pada area plafon juga menjadi daya tarik area dapur ini

LUAS UNIT 118m2

Permainan lampu sangat terasa di ruang makan yang menyatu dengan area dapur. Dominasi warna putih pada ruangan ini tidak terasa dingin karena kesan hangat yang dipancarkan dari efek pencahayaan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.