DUA JEMBATAN TERPANJANG DI INDONESIA

Dua jembatan nan gagah hadir di kawasan tengah dan timur Indonesia. Bahkan kedua jembatan ini digadang-gadang sebagai ikon baru di daerahnya masing-masing.

Rumah - - SERBA-SERBI -

TEKS RAHMA YULIANTI rahma@tabloidrumah.com

Ada yang berbeda jika Anda berkunjung ke Sungai Kapuas, Kalimantan Barat. Di atas sungai terpanjang di Indonesia ini telah berdiri sebuah jembatan yang indah. Jembatan Tayan, begitu jembatan ini dinamai, resmi dioperasikan pada 22 Maret 2016 lalu. Seperti dilansir dari Kompas.com, jembatan yang ditasbih sebagai jembatan terpanjang di Kalimantan ini memiliki panjang 1.420 meter, lebar 11,5 meter dan tinggi 13 meter. Jembatan yang mulai dibangun tahun 2011 dan selesai tahun 2016 ini menghubungkan jalan poros selatan Kalimantan, hingga perbatasan Indonesia-malaysia.

Ke arah timur Indonesia, ada sebuah jembatan lainnya yang baru saja diresmikan Presiden Jokowi. Jembatan tersebut adalah Jembatan Merah-putih yang terletak di kota Ambon Maluku. Jembatan berstruktur kabel sepanjang 1,140 meter ini berdiri gagah, membentang di Teluk Ambon, menjadikannya sebagai jembatan terpanjang di kawasan Indonesia Timur.

Dengan adanya jembatan ini, jarak tempuh antara Bandara Pattimura dan kota Ambon dapat dipersingkat. Dilansir dari Kompas.com, jembatan yang menghabiskan dana sekitar 416,7 miliar rupiah ini akan menjadi tempat utama untuk merayakan pergantian tahun baru 2016.

kompas.com Jembatan Tayan di Kalimantan Barat.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.