KIAT renovasi bujet Terbatas

Ingin merenovasi rumah namun bujet ngepas? Temukan idenya, ketahui tahapannya, sehingga proses renovasi bisa lebih efisien.

Rumah - - LAPORAN UTAMA - TEKS IRFAN HIDAYAT irfan@tabloidrumah.com FOTO JOU ENDHY PESSUARISA

Mahalnya harga lahan dan rumah saat ini, membuat banyak orang hanya mampu membeli rumah berukuran kecil. Kebanyakan orang membeli rumah dengan tipe 36m2, 45m2, dan 60m2. “Inginnya sih beli yang besar, tapi apa daya saya hanya mampu membeli rumah tipe 45m2. Ini saja cicilannya sangat besar dan baru lunas 15 tahun kemudian,” ucap Beni Wiyoko, pemilik rumah di kawasan Serpong, Tangerang.

Tak perlu berkecil hati, sudah memiliki rumah saja Anda termasuk orang-orang hebat. Ini dikarenakan masih banyak orang yang belum mampu membeli rumah walau berukuran kecil.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), ada 15 juta orang belum memiliki rumah, sementara ketersediaan rumah hanya mencapai 200.000—400.000 unit per tahunnya. Artinya, Anda yang memiliki rumah harus bersyukur.

DIAKUI belum IDEAL

Bayu A Rianto, arsitek sekaligus konsultan arsitek bernama Ar©hitects mengungkapkan bahwa rumah berukuran kecil yang dibuat pengembang sebenarnya belum ideal. “Rumah tipe kecil, seperti 36m2 dan 45m2 ini, masih belum memenuhi kebutuhan ideal penghuni rumah. Untuk pasangan yang belum menikah saja, kadang ruangnya belum ideal. Bagaimana jika sudah memiliki anak? Pasti semakin tidak ideal,” ucap Bayu.

Ketidakidealan ini dikarenakan pengembang hanya menyediakan 1 buah ruang multifungsi yang biasa digunakan untuk ruang tamu/ruang keluarga plus ruang makan, 1 kamar tidur utama, 1 kamar tidur anak, 1 kamar mandi, serta sepetak dapur yang lokasinya di belakang rumah dan berada di area luar bangunan. “Yang paling mencolok dari ketidakidealan yang saya ungkap, yaitu dapur. Ruang ini perlu direnovasi atau didesain ulang sebelum digunakan,” ucap Bayu.

memang harus Direnovasi

Bayu mengungkapkan bahwa hampir semua orang yang membeli rumah mungil menyadari akan ketidakidealan yang mereka rasakan. Tetapi, mereka semua punya pemikiran yang sama: asal punya rumah. “Yang penting punya rumah dulu. Kalau ditunda-tunda, soalnya harga rumah naiknya sangat cepat. Malah nantinya enggak kebeli. Ideal atau tidak, itu urusan belakangan. Paling ujungujungnya direnovasi juga,” ucap Beni.

Ya, hampir semua orang yang membeli rumah tipe kecil sadar bahwa mereka pada akhirnya harus merenovasi rumah untuk mencapai kata ideal. Renovasi sejauh apa? Semua tergantung kebutuhan ruang yang Anda inginkan: bisa jadi hanya menambah ruang secara horizontal dengan memanfaatkan lahan belakang atau meningkat rumah. Kapan waktunya? Semua tergantung kondisi keuangan Anda.

Tapi apapun itu, kami sarankan untuk direncanakan sematang mungkin agar proses renovasi rumah berjalan lancar dan sesuai dengan perencanaan biaya. Jika Anda masih bingung, kami akan membongkar semua proses renovasi yang biasa terjadi di rumah mungil. DI rubrik ini, Anda akan membaca tentang plus minus menambah ruang secara vertikal dan horizontal. Begitu juga jika dana Anda terbatas, RUMAH akan beri solusinya melalui konsep rumah tumbuh atau mezanin. Selain itu, Anda juga dapat melihat kasus renovasi nyata yang kami bahas secara detail beserta dana yang dibutuhkan. Semua dibahas di rubrik Laporan Utama ini.

Salah satu kendala orang saat merenovasi rumah mungil adalah bagaimana menyimpan bahan bangunan yang sudah dibeli? Salah satu yang bisa Anda tempuh adalah dengan bekerja sama dengan toko bahan bangunan yang lokasinya paling dekat dari rumah Anda. Biasanya, mereka mau dititipkan uang pembelian material asal rentang penyimpanan tidak lebih dari 6 bulan. Jika beruntung, ada beberapa toko bahan bangunan yang mengizinkan menyimpan dalam rentang waktu 1 tahun.

Jadi, setiap setelah gajian, Anda bisa mencicil bahan bangunan untuk meringankan pengeluaran Anda. Yang terpenting, struk pembelian Anda tidak hilang. Jika memang takut hilang, jangan lupa untuk menggandakannya. Barang yang bisa dicicil adalah pasir, batu, batu-bata, semen, besi, dan kusen. Material ini memakan tempat penyimpanan banyak dan cenderung harganya cepat naik.

RUMAH CONTOH PERUMAHAN GRAND CILEMBU BOGOR.

lokasi

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.