INI DIA CARA TEPAT MERENOVASI KAMAR MANDI

Ingin merenovasi kamar mandi? Lakukan tahapan di bawah ini agar kamar mandi baru Anda tampil cantik dan minim masalah.

Rumah - - LAPORAN UTAMA -

Kamar mandi bukan hanya sebagai ruang pelengkap. Kini, banyak orang yang mulai memerhatikan sisi keindahan dan kenyamanan kamar mandi. Tak heran, jika banyak orang yang merenovasi kamar mandi demi memenuhi fungsi di atas. Untuk Anda yang berencana merenovasi kamar mandi dengan cara membobok dan mengganti tampilan dinding menggunakan keramik atau mozaik, ikuti langkah berikut ini.

Bongkar keramik lama pada lantai dan dinding, hingga terlihat screed lantai dan plesteran dinding. Bersihkan screed dan plesteran dari sisa keramik dan kotoran lainnya. Bila plesteran lama mutunya kurang bagus— mudah rontok dan banyak retak—, lakukan proses pengupasan terlebih dahulu dan plester ulang menggunakan sika® Plaster Mix, yaitu mortar plesteran yang praktis—cukup dicampur air—, yang berfungsi menghindarkan keretakan pada dinding.

Siapkan sikatop®-107 Plus, pelapis kedap air 2 komponen yang bermutu tinggi dan mudah diaplikasi. Campurkan kedua komponennya, lalu aplikasi menggunakan kuas sebanyak 2 lapis dengan arah menyilang di atas screed dan plesteran. Keringkan minimal 1x24 jam dan lakukan tes rendam untuk memastikan hasilnya.

Siapkan perekat keramik yang tahan rendaman air. sika tilefix-200 ta adalah perekat keramik satu komponen berbentuk powder, yang dapat digunakan untuk merekatkan keramik, marmer, granit, mozaik, dan batu alam. Sangat tepat untuk kamar mandi, karena mempunyai daya rekat yang kuat dan tahan terendam air. Untuk keramik dengan badan tanah liat, homogeneous tile, marmer, dan granit, gunakan sika® tilefix-200 ta warna abu-abu. Untuk mozaik dan glass block, gunakan warna putih agar terlihat cerah dan tampil sesuai warna aslinya.

Cara aplikasinya sangat mudah. Tuangkan air ke dalam wadah pencampur, lalu masukkan sika® tilefix-200 ta dengan perbandingan volume air: sika® tilefix-200 ta = 1:3. Aplikasikan dengan trowel/ roskam bergigi setebal 2—3mm. Dengan ketebalan hanya 2—3mm, maka posisi ketinggian keramik baru akan mirip dengan keramik lama. Setelah itu, tempelkan mozaik atau keramik dinding sesuai dengan desain dan pola yang Anda kehendaki.

Hati-hati, saat memasang keramik, jangan menggunakan paku untuk memasang benang panduan keramik, agar tidak merusak lapisan sikatop®-107 Plus di bawahnya.

Setelah 24 jam, aplikasikan sika®tilegrout pada bagian natnya. sika®tilegrout memiliki keunggulan daya rekat yang baik, tidak retak, tidak susut, dan warnanya tidak mudah pudar. Untuk area basah seperti ini, gunakan sikacim® latex sebagai pengganti air pencampur sika® tile Grout. Nat menjadi lebih kedap air, tahan lumut dan jamur, serta tahan kimia ringan (seperti pembersih lantai).

Dengan penggunaan bahan bangunan yang berkualitas dan tahapan yang benar, kamar mandi Anda pun akan terlihat lebih cantik dan minim masalah.●

DOK. VENUS GALLERY

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi website sika indonesia di idn.sika.com atau hubungi sikacare : 0800-140-1236 atau email ke sikacare@id.sika.com. senin - Jumat pukul 08.00-17.00. Dapatkan produk -produk sika di toko bahan bangunan dan supermarket bahan bangunan di kota Anda.

tahapan pengerjaan dan penggunaan materialnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.