MEZANIN TAMBAH RUANG TANPA BONGKAR

Jika Anda berencana menambah ruang dalam rumah tanpa harus membongkar bangunan, buat saja mezanin. Syaratnya, ketinggian rumah harus mencukupi.

Rumah - - LAPORAN UTAMA - TEKS GRACE ELDORA graceldora@gmail.com FOTO JOU ENDHY PESSUARISA

Mungkin Anda pernah melihat lantai tambahan yang tampak “tanggung” karena ukurannya yang kecil. Bisa jadi itu adalah mezanin. Lantai tanggung ini tempatnya ada di antara lantai dengan plafon, atau antara lantai dengan lantai jika bangunannya bertingkat. Lazimnya, mezanin diterapkan pada rumah dengan plafon setinggi 5,5—6m. Ketinggian minimum dari dasar lantai adalah 2—2,5m mengingat tinggi rata-rata orang Indonesia (Asia) sekitar 1,6—1,65m.

Selain perlu memerhatikan ketinggian ruangan, Anda harus membuat ventilasi atau bukaan. Hal ini menjadi penting karena mezanin akan terasa panas akibat dekat dengan plafon. Di samping itu, Anda dapat memanfaatkan void dan jendela sehingga ruang mezanin terasa lebih nyaman dan luas. “Void yang cukup luas menciptakan kesatuan ruang,” ucap Enrico Nirwan Histanto dari One Way Architecture.

Mezanin idealnya dibuat sesuai dengan bentuk denah dan kebutuhan ruang. Kebanyakan, bentuknya persegi dan ada yang berbentuk huruf L. Ukuran minimal mezanin adalah 2m x 2m, jika lebih kecil dari itu menjadi tidak ideal. “Lantai mezanin dapat difungsikan sebagai kamar tidur tambahan, ruang serba guna, atau gudang,” ujar arsitek lulusan Universitas Parahyangan ini. Selain penambahan ruang, pembuatan mezanin tidak mengharuskan Anda mengurus Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.