Renovasi Bertahap Rumah tipe 45m2

Rumah tipe 45m2 ini direnovasi menjadi 200m2. Arsitek

Rumah - - LAPORAN UTAMA -

Edoardus Enrico Fermi Refwalu (34) sukses merenovasi huniannya di bilangan Cibubur, Jawa Barat. Ya, ide merenovasi memang sudah terbersit dalam benaknya sejak pertama kali memutuskan untuk membeli rumah pertamanya.

“Saya ingin rumah dua lantai, dapur ada di dalam, dan sambil menikmati makanan saya ingin ada taman kecil dengan limpahan cahaya di depannya. Sementara sisa taman belakang bisa saya jadikan area servis untuk dapur kotor dan asisten rumah tangga,” tutur Rico menceritakan ide awal desain rumahnya.

BUJET JADI PERHATIAN UTAMA

Proses renovasi saat itu berbarengan dengan rencana pernikahan Rico, sehingga selain waktu yang terbelah, bujet pun menjadi perhatian utama. Oleh karenanya, pada saat proses perencanaan desain digodok, ia meminta sang arsitek, Lukkie, untuk merancangkan sistem pembangunan secara bertahap. Selain itu, ia pun kerap meminta saran mengenai penggunaan material yang pas agar tak over- bujet. Komunikasi yang terjalin baik dengan Lukkie, membuat Rico lega. Ia pun menyerahkan seluruh konsep desain di tangan sang arsitek muda.

Inilah proses renovasi rumah Rico yang dilakukan oleh Lukkie. Lukkie Putranto, Arsitek Lukkie Putranto sudah cukup lama mengerjakan proyek arsitektur, akhirnya ia membangun LP di tahun 2014. Saat sudah mengerjakan beberapa proyek di Jakarta Selatan, Cimanggis, Yogyakarta, Temanggung, dan Pekalongan.

Dalam mendesain renovasi rumah ini, Lukkie menghadapi beberapa kendala. Halaman belakang yang berukuran 7m x 7m bukanlah ukuran yang ideal untuk diolah. Karena, selain menginginkan adanya ruang makan, pemilik rumah juga menginginkan adanya ruang servis yang terpisah dari aktivitas keluarga.

Studio ini, ia dan renovasi sampai desain Cibubur,

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.