SEBELUM MEMBANGUN RUMAH

Rumah - - RUMAH SEHAT -

Jika Anda akan merancang rumah, hal yang harus diperhatikan adalah menempatkan jendela sebagai tempat masuknya cahaya dan pertukaran udara di seluruh ruangan, tanpa kecuali. “Minimalnya, ukuran jendela di setiap ruang adalah 1/3 dari luas bidang dinding terpanjang di rumah. Luas ini akan membuat cahaya yang diterima ruang maksimal,” terang Johanes Adi Prasetyo, arsitek AP consultant.

“Sedangkan untuk sirkulasi udaranya, jendela sebaiknya dirancang tidak mati (red: dapat dibuka tutup),” terang Adi, panggilannya. Pergerakan saat membukanya disarankan dengan sistem putar, titik putarannya berada di bagian tengah daun jendela atas dan bawahnya. “Sistem putar ini lebih baik dibanding sistem angkat. Udara yang masuk lebih maksimal,” terang Adi.

Selain itu, Anda dapat membuat void atau taman dalam rumah ( innercourt). Udara dan cahaya dapat masuk melalui void ini. Untuk tanamannya, pilih jenis tanaman lidah mertua ( sansevieira) yang mempunyai daya serap bagus terhadap zat benzena. Hadirkan pula kolam berukuran kecil agar bisa menambahkan sejuknya suasana.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.