GIPSUM TAHAN API

Rumah - - MATERIAL -

Keunikan lain dari papan gipsum adalah material ini mampu menahan api. Meski papan gipsum tetap bisa terbakar, namun api bisa ditahan beberapa jam lebih lama. Indra Wibowo, Technical Manager Jayaboard mengatakan, durasi tahan api ini bisa berbeda-beda tergantung dari sistem yang digunakan. Sistem papan gipsum penahan api biasanya dilengkapi produk pendukung lainnya, seperti rangka partisi atau plafon, sealant tahan api, serta kompon. “Papan gipsum tahan api ini bisa menahan api 1 hingga 3 jam untuk pengaplikasian pada partisi, dan 1 sampai 2 jam pada sistem plafon,” ucap Indra.

Hampir sama dengan Jayaboard Firestop, Gyproc dari Saint Gobain juga memiliki produk gipsum penahan api. Gipsum bernama Fireline ini diberikan campuran senyawa gipsum dengan bahan khusus saat proses pembuatannya. Hal ini membuat papan gipsum memiliki kohesivitas suhu yang tinggi sehingga api bisa ditahan selama beberapa waktu.

Atap sebagai pelindung yang menaungi bangunan dari sengatan terik matahari, hujan, hingga tiupan angin, sangat memengaruhi kenyamanan dan keamanan penghuni rumah. Itu sebabnya, keberadaan atap bangunan haruslah diperhatikan.

Lantas, di tengah beragamnya material atap yang dijual di pasaran, material seperti apakah yang tepat? Untuk menjawabnya, terdapat tiga aspek yang perlu Anda pertimbangkan, yakni MENCAKUP BAHAN BAKU, SPESIFIKASI, DAN GARANSI.

Penggunaan kayu sebagai material rangka semakin terbatas dikarenakan sulit menemukan kayu berkualitas serta harganya yang mahal. Oleh karena itu, Anda bisa menggunakan material baja ringan sebagai pilihan. Begitupun dengan genting, semakin minimnya ketersediaan tanah liat sebagai bahan baku pembuatan genting tradisional berdampak pada produksinya yang kian terbatas. Sebagai gantinya, Anda dapat mengganti dengan penutup atap berbahan baja ringan. Pastikan Anda menggunakan material baja yang sudah memiliki SNI (Standar Nasional Indonesia) dan bergaransi.

Harus dipahami, agar rangka dan penutup atap mampu terpasang dengan kokoh, standar ketebalan untuk rangka kuda-kuda yang Anda pilih harus 0,75mm–1mm, sementara untuk reng dan usuk 0,4mm. Untuk penutup atap, standar ketebalannya adalah 0,25 mm–0,3mm.

rangkaian produk bluescope Zacstm adalah Solusinya

Memenuhi seluruh kriteria di atas, material baja ringan produksi PT NS Bluescope Indonesia bisa Anda jadikan pilihan yang tepat. Serangkaian produk Bluescope Zacstm mampu melindungi atap rumah Anda dengan baik karena terbuat dari 55% aluminium 43,5% zinc, 1,5% silikon yang memiliki banyak keunggulan baik dari kandungan material AZ100 yang memberikan kekuatan, ketebalan, ketahanan karat serta memiliki garansi hingga sepuluh tahun (syarat dan ketentuan berlaku). Hasil uji laboratorium menunjukkan, Bluescope Zacstm memiliki kekuatan tarik hingga 550 mp, yang menjadikannya kuat saat dibentangkan dan anti-lengkung.

Tak hanya itu, Bluescope Zacstm melalui salah satu variannya, Bluescope Zacstm Cool, dengan tambahan teknologi pigmen warna (biru, hijau, dan merah) mampu membuat suhu atap rumah Anda lebih dingin 60C. Anda dan keluarga semakin NYAMAN DAN AMAN TINGGAL DI RUMAH.●

Dok. Gyproc Saint Gobain

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.