BIKIN ruang SANTAI DI ATAS CARPORT

Tak punya tempat duduk-duduk di depan rumah? Sulap saja atap carport Anda menjadi ruang duduk!

Rumah - - HALAMAN DEPAN - TEKS RAHMA YULIANTI rahma@tabloidrumah.com FOTO YANIS RUDOLF PRATASIK

Duduk-duduk sore di teras depan rumah pasti menyenangkan, apalagi jika ditemani keluarga tercinta. Namun seringkali, keterbatasan lahan membuat Anda tak bisa mewujudkannya. Memang, rumah mungil zaman sekarang umumnya tak punya teras yang memadai, yang bahkan tak cukup untuk memuat 2 kursi sekalipun.

Cara yang dapat dilakukan adalah dengan menaikkan “teras” ke atas alias membuat balkon. Namun, cara ini terkadang juga terbentur dengan masalah struktur. Sistem kantilever, yang biasa dipakai pada balkon, hanya bisa mencapai bentang 2 meter.

Cara lain yang lebih pas dan sekarang banyak dilakukan orang adalah dengan membuat balkon tambahan di atas carport. Bagian atas carport memang tempat potensial karena area ini cukup luas untuk dijadikan tempat dudukduduk. Carport berukuran minimal 3mx5m, itu artinya Anda akan mendapat tempat duduk baru berukuran minimal 15m2.

Agar dapat digunakan sebagai tempat duduk, atap carport harus dibuat dari pelat beton dengan ketebalan minimal 10cm dan maksimal 12m, seperti halnya ketebalan lantai beton. Tak perlu terlalu tebal karena area ini tidak mendapat beban terlalu berat, tak seperti ruang tidur atau ruang keluarga. Struktur bagian bawahnya (kolom atau tiang) bisa dibuat dengan ukuran sekitar 15cmx30cm atau 20cmx20cm.

Di atas carport ini, Anda dapat meletakkan sofa-sofa yang nyaman, ditambah dengan bendabenda penunjang hobi Anda seperti tungku BBQ, dart board, dan sebagainya. Jangan lupa, beri hiasan-hiasan di sana sehingga ruang duduk di atas carport ini bisa jadi tempat yang nyaman untuk berkumpul bersama keluarga. KEDIAMAN SALMAN-RURIE , BINTARO JAYA SEKTOR 7, TANGERANG

Letakkan sofa-sofa yang nyaman sehingga acara berkumpul keluarga menjadi lebih menyenangkan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.