FINISHING kayu WARNA TRANSPARAN

Selain mempercantik tampilan, finishing cat kayu mampu memperpanjang umur furnitur berbahan dasar kayu. Lantas, bagaimana cara mengaplikasikannya?

Rumah - - INTERIOR - TEKS IRFAN HIDAYAT irfan@tabloidrumah.com FOTO YANIS RUDOLF, ADRIAN KAMAGI

ALAT dan BAHAN

• • • • • • • • • Dempul: Aqua Wood Filler . AWF-911 warna sungkai. Cat dasar: Aqua Sanding Sealer ASS-941 warna brown. Pewarna kayu: Aqua Woodstain AWS 921 warna cocoa brown. Cat akhir: Aqua Lacquer AL-961 semi gloss warna clear. Serbuk kayu jati belanda. Kape. Kuas busa. Air bersih. Kain lap. Ampelas nomor 240 dan 400.

Langkah Pengerjaan

cocoa brown,

Banyak orang yang terbius dengan keindahan material kayu. Ini terbukti dari banyaknya orang yang menggunakan material kayu di rumahnya, baik untuk konstruksi maupun non konstruksi (furnitur, dekorasi, atau pernak-pernik). Hanya saja, karena kayu adalah material alami, potensi rusak (terkena rayap atau lapuk karena termakan usia), lumayan besar. Tak heran, jika material ini butuh perlindungan. Salah satunya, dengan melapisinya menggunakan cat. Yang menarik, selain mempercantik tampilan, finishing cat kayu mampu memperpanjang umur kayu.

Cat kayu ada beragam jenis. Ada yang solid colour dan transparan. Karena ingin mengekspos serat kayu, refinish kali ini akan mengaplikasi cat kayu warna transparan. Furnitur yang akan kami aplikasi dengan teknik finishing warna transparan ini adalah meja kayu dari bahan jati belanda. Secara serat, material ini cukup cantik. Sayangnya, kayu jati belanda banyak cacat. Sebaiknya, cacat-cacat ini diperbaiki terlebih dahulu, agar tampilan meja cantik sempurna. Ini dia tahapan lengkap dan benarnya. Setelah cat pewarna menempel 3—5 menit di permukaan kayu, lakukan proses pengelapan dengan menggunakan kain halus. Ini harus dilakukan dalam kondisi setengah basah. Tujuannya, untuk pemerataan warna pada permukaan furnitur. Setelah itu, keringkan 2—4 jam.

Setelah adonan jadi, dempul semua bagian yang cacat. Biarkan dempul mengering (sekitar 1—2 jam). Proses pengeringan tidak boleh di jemur di bawah sinar matahari, cukup dianginanginkan, agar hasilnya tidak retakretak. Setelah itu, ampelas furnitur dengan ampelas nomor 240 dan bersihkan kotorannya.

Samarkan bekas lubang paku dengan menggunakan dempul Aqua Wood Filler AWF-911 warna sungkai yang telah dicampur serbuk kayu dengan perbandingan 1 serbuk : 3 dempul. Penambahan serbuk kayu dapat memperpadat dempul sehingga lubang kayu dapat tertutup rata.

Lakukan proses pewarnaan dengan Aqua Woodstain AWS 921 warna menggunakan kuas busa. Untuk warna ini, sebenarnya ada banyak pilihan warna yang dikeluarkan PT Propan Raya I.C.C, tinggal sesuaikan dengan warna kayu atau selera Anda.

Lakukan proses pengecatan dasar dengan Aqua Sanding sealer ASS941 dengan air sebanyak 20—30%, menggunakan kuas busa. Setelah dicat, keringkan sekitar 2 jam dan ampelas seluruh permukaan kayu dengan menggunakan ampelas nomor 400.

Lakukan proses pengecatan akhir ( top coat) dengan Aqua Lacquer AL-961 semi gloss warna clear, menggunakan kuas busa. Lalu, keringkan cat selama 1—2 jam. Setelah kering, furnitur meja sudah bisa digunakan. Meja Anda terlihat baru, kan?

Sebelum di- REFINISH.

Setelah di- REFINISH.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.