SAAT ETNIK BERPADU SENTUHAN TROPIS

Rumah - - RUMAH ARTIS -

Dari luar rumah ini tampak biasa saja. Sama seperti rumah-rumah lain di samping kiri dan kanannya. Tapi begitu RUMAH masuk ke dalam rumah, kami disambut warna-warni ruang tamu lengkap dengan berbagai pernik dekorasi dan tanaman khas tropis yang menarik. Inilah kediaman penyanyi Andien Aisyah (30) dan suaminya Irfan Wahyudi Prihutomo atau yang akrab disapa Ippe.

Setahun yang lalu pasangan ini ramai diperbincangkan karena konsep pernikahan mereka yang unik dan menginspirasi. Tapi ternyata bukan hanya konsep pernikahan, dekorasi interior rumah pasangan ini-pun ternyata menarik untuk diulik. Meski berukuran mungil, rumah di kawasan Jakarta Selatan ini terasa sangat homy dengan dekorasi yang cantik.

Sentuhan tropis dan etnik

Jika melihat sekeliling, hampir seluruh ruangan di rumah Andien terdapat tanaman sebagai penghias. Menurut pelantun lagu Gemintang ini, ia memang sudah lama menginginkan rumah nyaman dengan banyak tanaman di dalamnya. Salah seorang temannya yang juga merupakan desainer interior dari Larch Studio, yang membantu Andien untuk memilih jenis tanaman apa yang cocok untuk dekorasi interior. “Yang penting pilih jenis tanaman yang perawatannya mudah, misalnya terarium dan sukulen,” ucap penyanyi yang juga memiliki studio fitness ini.

Selain tanaman, sentuhan etnik sebagai dekorasi juga mendominasi pada hampir setiap ruangan. Sentuhan etnik ini hadir dari kain etnik yang menutupi sofa dan kursi. Corak etnik juga hadir pada karpet serta sarung bantal. Berbagai kain etnik ini adalah koleksi Andien yang memang gemar mengumpulkan kain etnik dari tempat yang pernah dikunjunginya. Sebut saja kain khas Sumba hingga kain etnik dari Turki yang memiliki motif khas bernama Kilim.

“Awalnya tidak ada rencana untuk memasukkan kesan etnik Indonesia, tapi atas saran desainer interior ternyata kain koleksi bisa jadi dekorasi yang bagus,” kata Andien. Selain kain, Andien juga gemar membeli peralatan pecah belah seperti piring, gelas, serta pernik keramik lainnya ketika berlibur. Pernak-pernik tersebut kemudian dijadikan elemen dekorasi pada meja makan dan teras.

Pentingnya Kenyamanan

Bagi Andien, rumah haruslah nyaman. Karena rumah adalah tempat memulai dan mengakhiri segala aktivitas. “Ibaratnya, kalau pulang ke rumah harus merasa seperti masuk ke pelukan yang paling hangat,” kata Andien. Karena itulah sejak awal Andien menginginkan desain rumah yang homy dengan aksen dekorasi sesuai karakter dirinya.

Saat ditanya ruang favorit, Andien dengan cepat menjawab kamar sebagai ruang favoritnya. Ia mengaku saat di rumah ia lebih banyak menghabiskan waktu di

Jendela besar pada ruang tamu tetap dipertahankan sebagai sumber pencahayaan alami pada ruangan. Cahaya ini juga membantu tanaman tetap hidup meski di dalam ruangan.

elemen kayu banyak digunakan pada kamar untuk menghadirkan suasana hangat pada ruangan.

Walk in closet ini sebelumnya adalah kamar yang terpisah. namun karena kebutuhan, andien kemudian menyatukan ruangan ini dengan kamar utama.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.