Dinding rumah bebas Masalah

Sebagus apapun desain interior atau bentuk tampilan rumah Anda, semua akan hilang keindahannya jika dindingnya bermasalah. Cari sumber masalah dan segera perbaiki.

Rumah - - RUMAH KITA -

Dinding memiliki peran penting dalam menampilkan keindahan sebuah rumah. Ini tak terlepas dari luasannya yang dominan di rumah. Oleh sebab itu, pengerjaan dinding yang benar dan tepat harus menjadi prioritas anda saat membangun rumah. Karena, apapun finishing- nya, jika pengerjaan dindingnya bermasalah, maka hasilnya tidak akan sempurna.

a. pemakaian bahan yang tepat

Jika anda menggunakan bahan bata merah, gunakan Sika® Plaster Mix, semen instan untuk perekat bata merah. Semen instan ini sangat praktis, cukup dicampur air. Dengan begitu, konsistensi mutunya dapat terjaga. Penggunaan semen instan juga menghindarkan risiko bercampurnya pasir dengan kotoran, yang dapat mengurangi kekuatan lekat antarbata.

Jika anda memilih bahan bata ringan, gunakan Sikamur®-130 LB, semen instan untuk perekat bata ringan. Perekat praktis yang hanya dicampur air ini cukup diaplikasikan tipis (3mm), sehingga penggunaannya jadi hemat dan hasil pasangan bata ringan lebih rapi.

Setelah perekat bata merah atau bata ringan kering (bata merah 3—4 hari/bata ringan 1 hari), lakukan proses plesteran dengan menggunakan Sika® Plaster Mix. Komposisi semen, filler, dan aditif yang tepat dalam semen instan Sika® Plaster Mix membuat hasil plesteran lebih halus, merekat kuat, dan tidak mudah retak.

untuk mendapatkan dinding yang sempurna, kuncinya ada pada acian. gunakan Sika® Skim Coat, semen instan khusus acian permukaan plesteran dan beton, yang cukup dicampur air. Kandungan semen, filler, dan aditif pada produk ini membuat acian melekat kuat, halus, dan tidak mudah retak. Dengan demikian, retak rambut pun dapat dihindari. Setelah itu, anda bisa melapisinya dengan cat dasar, lalu cat akhir.

b. Masalah dinding dan Solusinya

Lantas, bagaimana jika dinding bermasalah karena kesalahan tukang, kontraktor, atau membeli rumah jadi?

Jika masalahnya dinding lembap, anda dapat menggunakan produk Sikagard®-905 W ID, yang dapat mencegah pertumbuhan jamur dan menahan kelembapan. Caranya, bersihkan sisa-sisa cat lama atau wallpaper sebelum diaplikasi sampai terlihat permukaan acian semen. Bersihkan dengan air bersih dan biarkan permukaan kering sebelum diaplikasi. Setelah itu, aduk Sikagard®-905 W ID hingga rata, lalu aplikasi dengan menggunakan kuas/ roll sebanyak 2x lapis. Keringkan selama 1x24 jam, dan dinding siap dicat kembali.

Jika terjadi kelembapan pada dinding yang diakibatkan adanya retak pada dinding bagian luar, anda dapat menggunakan Sikacoat ®, yaitu pelapis antibocor berbahan dasar acrylic yang sangat elastis. Produk ini cocok diaplikasi untuk mengatasi dinding retak rambut, atap, dan pertemuan dinding dengan atap. Bersihkan terlebih dahulu sisasisa cat lama sebelum diaplikasi. Setelah itu, aplikasi Sikacoat ® sebanyak 2 lapis.

Bagaimana jika anda sudah memberikan lapisan kedap air tapi timbul bercak putih pada permukaan dinding bagian luar? Hal ini biasanya disebabkan permukaan dinding yang belum kering (3 minggu), namun sudah diaplikasian pelapis antibocor. Sikacoat® Plus dengan kemampuan tahan terhadap alkali dapat menjadi solusi untuk aplikasi pelapis kedap air pada permukaan dinding yang baru berumur 7 hari, sehingga dapat mempercepat proses pekerjaan proyek anda, namun tetap memberikan kualitas dan penampilan yang sangat baik. Sikacoat ® dan Sikacoat® Plus tersedia dalam warna grey, stone grey, white, dan latte. Sesuai pepatah, lebih baik mencegah daripada memperbaiki, kan?

Ingat, penggunaan material yang tepat dapat mencegah dan memperbaiki dinding bermasalah. Dinding pun tampil memukau, kan? ●

untuk informasi lebih lanjut, kunjungi website Sika Indonesia di idn.sika.com atau hubungi Sikacare : 0800-140-1236 atau email ke sikacare@id.sika.com.senin - Jumat pukul 08.00-17.00. Dapatkan produk -produk Sika di toko bahan bangunan dan supermarket bahan bangunan di kota Anda.

LOKASI KEDIAMAN Dina WADITO, BSD CITY, Tangerang SELATAN

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.