SEMUA HASIL DESAIN SENDIRI

Semua hal di rumah ini dikerjakan Jeremy Teti sendiri, mulai dari berburu pernak-pernik interior sampai mendesain renovasi rumahnya.

Rumah - - RUMAH ARTIS - TEKS MUHAMMAD JAMALLUDDIN jamal189@yahoo.com FOTO YANNIS RUDOLF PRATASIK

Memasuki rumah Jeremy Teti, artis yang pernah menjadi pewarta berita, langsung terlihat benda-benda artwork menjadi penghias rumah. Koleksi ini tersebar di seantero rumahnya, mulai dari ruang tamu hingga ruang tidur.

Menurut cerita Jeremy, ia mengumpulkan semua ini saat menjadi reporter. Saat ditugaskan ke luar kota ataupun luar negeri, Jeremy sengaja “mencuri” waktu untuk berburu berbagai macam artwork penghias rumah.

Artwork favorit Jeremy adalah relief Budha yang ia tempatkan di ruang tengah. Menurut Jeremy, artwork ini memberikan atmosfer ketenangan dan kedamaian. Ia juga menyukai yang ada di ruang tamu, yang baru saja ia beli di Bali, ini karena didominasi warna merah, warna favorit Jeremy.

Rumah hasil hunting

Jeremy mendapatkan rumah ini juga dengan cara membaca iklan di sebuah koran. Sebenarnya, rumah yang ia inginkan bukan rumah yang ia tempati, namun rumah yang tak jauh dari tempatnya sekarang ini. Tapi apa daya, ketika ia datang ke lokasi, rumah idamannya sudah terbeli. Sudah terlanjur jatuh hati dengan lokasinya, Jeremy akhirnya membeli rumah lain yang tak hanya berjarak beberapa gang dari rumah idamannya tersebut.

Rumah ini kemudian direnovasi oleh Jeremy. Desain dan konsepnya ia pikirkan sendiri pula. Ia cukup puas dengan hasil renovasi dan desainnya ini, karena sangat sesuai dengan keinginannya. Rumah ini memiliki banyak jendela, sehingga terang, hemat energi, dan dapat menikmati pemadangan sekitar rumah dengan leluasa.

Dominasi Warna merah

Jika melihat sekeliling, tampak jika pria berusia 48 tahun ini menggemari unsur alam dan warna merah. Sofa, bed cover, bahkan kamar mandi pun berwarna merah. Ya, Jeremy memang menyukai sekali warna merah, yang dalam ilmu psikologi merupakan simbol dari energi seperti, gairah, action, kekuatan, dan kegembiraan. Warna ini seperti menggambarkan dirinya yang selalu berenergi, tak bisa diam, dan selalu terlihat gembira.

Ruang tamu pun tak luput dari artwork dan lukisan hasil buruan Jeremy.

Siapkan bujet lebih dari estimasi awal karena harga material bisa berubah tiba-tiba dan juga untuk hal-hal lain di luar dugaan.

Untuk mengurangi bujet, manfaatkan kembali material lama yang masih layak pakai. Material yang sudah tak terpakai bisa dijual ke penadah barang bekas untuk membantu pendanaan.

Ruang tidur yang dibalut warna merah, warna favorit Jeremy.

Jeremy tak membiarkan dinding tangga kosong. ia meletakkan karpet dan kain tenun yang dibelinya sewaktu ia masih menjadi reporter.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.