CAT DEKORATIF TAMPILANNYA INDAH, BIKINNYA MUDAH

Cat dekoratif ini ternyata dapat dibuat dengan cara sederhana dan dengan bahan yang murah.

Rumah - - LAPORAN UTAMA - TEKS RAHMA YULIANTI rahma@tabloidrumah.com FOTO YANIS RUDOLF PRATASIK, AKHMAD MAULANA CARANYA SEDERHANA

Menjelang Ramadhan dan Lebaran, semua orang sibuk mempercantik rumahnya dengan berbagai cara. Mengecat ulang dinding adalah hal yang paling lumrah dilakukan, karena mengecat termasuk langkah mudah yang bisa langsung mengganti rona wajah rumah.

Biasanya, cat dinding ini diaplikasikan di seluruh permukaan dinding, lalu di salah satu sisi dinding ada aksen berupa cat yang berbeda warna atau wallpaper dengan motif tertentu. Nah, Anda bisa mencoba memberi sentuhan berbeda di sana dengan menggunakan cat dekoratif. Cat dekoratif adalah teknik mengecat dengan menggunakan bantuan alat, sehingga tercipta sebuah efek di permukaan dinding. Efek ini bukan hanya berupa tekstur, namun juga bisa berupa permainan warna, motif, garis, ataupun permainan bentuk.

BISA HEMAT CAT

Menurut Yolanda, desainer interior dari biro Ideaplus, selain bisa menghias dinding, cat dekoratif ini merupakan salah satu cara untuk menutupi kekurangan pada dinding. Jika dinding kurang rapi, misalnya permukaannya tak rata, dengan cat biasa kekurangan ini tetap akan terlihat. Sementara dengan menggunakan teknik dekoratif, terutama yang bertekstur, cacat ini bisa ditutupi.

Dinding dekoratif juga bisa menjadi kanvas untuk menghadirkan sentuhan kreativitas Anda di rumah. Anda bisa berkreasi dengan garis, tekstur, dan warna untuk mewujudkan sebuah dinding dekoratif sesuai keinginan Anda. Dinding yang Anda buat sendiri dengan sentuhan personal Anda, tak akan sama persis dengan dinding rumah tetangga.

Selain tampilan rumah menjadi indah, menurut Geti Witayani, Marketing Communication PT Propan Raya, dengan menggunakan teknik dekoratif ini, cat bisa lebih hemat. “Yang dicat biasanya enggak semua sisi. Salah satu dinding saja. Makanya cat yang dipakai lebih sedikit,” tuturnya.

Alasannya begini. Cat dekoratif ini biasanya hanya digunakan di salah satu dinding rumah, hanya sebagai aksen. Jika pun digunakan di beberapa sisi dinding, ia tak memenuhi dinding. Misalnya pada motif chevron atau motif garis-garis. Motif ini bisa ditimpakan pada cat lama, jika kondisinya memungkinkan. Anda hanya perlu sekaleng cat untuk membentuk garis-garis chevron. Jumlah cat yang digunakan akan lebih sedikit ketimbang mengecat ulang keseluruhan dinding.

Walaupun terkesan rumit, sebenarnya pembuatan cat dekoratif ini sederhana. Memang ada beberapa teknik yang membutuhkan kepiawaian, namun banyak pula motif yang bisa dikerjakan dengan mudah. Nah, Anda bisa memilih motifmotif yang sederhana namun tetap menarik, misalnya motif chevron atau motif ombre yang hanya butuh selotip sebagai alat bantunya. Atau motif garisgaris yang menggunakan bantuan sapu atau sisir. Karena menggunakan alat yang sederhana, harganya pun cukup terjangkau. Bahkan bisa jadi lebih murah ketimbang Anda menggunakan wallpaper atau mengecat ulang seluruh dinding rumah.

Yolanda menekankan, yang penting adalah kecermatan dan kesabaran ketika mengaplikasikannya. Anda tak boleh terburu-buru, apalagi tak sabaran. Perlu waktu memang untuk mengerjakan dinding cat dekoratif ini. Karena itulah, sebelum Ramadhan datang dan Lebaran masih jauh menjelang, RUMAH menghadirkan beberapa inspirasi cat dekoratif yang dapat Anda aplikasikan di rumah.

Dok. Pt Propan raya

Dengan menggunakan cat dekoratif, ruang bisa terlihat jadi berbeda.

Sebelum.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.