ALASI DENGAN PLASTIK

Rumah - - LAPORAN UTAMA -

Gunakan selotip kertas, jangan lakban. Ada dua ukuran selotip kertas, yakni 24mm dan 48mm. Sebelum membeli, tentukan lebar bidang yang akan Anda cat. Jika lebarnya lebih dari 50cm, Anda membutuhkan selotip berukuran 48mm. Agar bak cat mudah dibersihkan, gunakan plastik berukuran besar, masukkan bak cat ke dalam plastik. Baru gunakan sesuai kebutuhan.

Sebenarnya, tak perlu alat yang macam-macam untuk membuat cat dekoratif. Anda bisa menggunakan berbagai alat yang ada di rumah seperti sapu lidi, sisir, spons, dan sebagainya. Namun pastikan, sebelum Anda mengecat, Anda sudah tahu benar alat apa saja yang akan Anda pakai.

Alat yang paling sering dipakai— selain kuas dan roller— adalah selotip kertas. Alat ini berguna untuk mencegah cat mengenai bidang yang tak diinginkan. Menurut Geti Witayanti, Marketing Communication Manager PT Propan Raya, benda ini termasuk yang sering diabaikan orang. Menurutnya lagi, berdasarkan pengalamannya selama ini, orang kerap salah membeli selotip. Yang mereka beli adalah lakban atau selotip biasa, yang punya daya rekat cukup kuat sehingga bisa merusak cat. Selotip kertas memiliki daya rekat yang cukup untuk mencegah cat merembes, namun jika dibuka, cat tidak ikut terkelupas.

COBA DI MEDIA KECIL

Jika ingin menerapkan metode yang belum Anda kuasai, jangan langsung mengaplikasikannya di dinding. Sebaiknya, cobalah dulu di bidang yang lebih kecil, misalnya di atas potongan gipsum, papan fiber, atau tripleks. Hal ini dilakukan agar ketika mengaplikasikannya di bidang dinding yang sebenarnya, Anda sudah menguasai caranya.

Jika saat aplikasi di dinding terjadi kesalahan, misalnya cat belum mengering ketika selotip diangkat, jangan panik. Rapikan “kesalahan” tersebut dengan menggunakan kuas kecil. Rol dipakai untuk memulaskan cat dasar ataupun cat pada permukaan yang luas. Cara memegangnya adalah ibu jari memegang bagian depan, sementara jari lainnya menggenggam bagian belakang. Pada gagang rol sebenarnya sudah ada “tempat” untuk meletakkan ibu jari, sehingga Anda bisa lebih mudah menggenggam rol ini. Jika rol digenggam dengan baik, tangan bisa bergerak dengan lebih nyaman dan hasil akhir pengecatan akan jadi baik.

Selain kuas dan roller, biasanya Anda akan membutuhkan selotip kertas dan penggaris.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.