3 Hunian Bergengsi di Karawang

Tiga proyek hunian ini dibangun oleh para pengembang tenar dan dibanderol dengan harga yang ramah di kantong.

Rumah - - PROPERTI - TEKS SELVIA MARTIANI selvi@tabloidrumah.com

Karawang yang juga dikenal dengan sebutan Kota Padi, kini bersolek, dari yang hanya kota padi menjadi kota industri yang dipenuhi proyek hunian. Beberapa pengembang, baik kecil maupun menengah, mulai melirik kawasan ini karena dianggap sebagai “sunrise area”— kawasan yang memiliki masa depan cerah. Beberapa rumah kecil hingga besar hadir di kawasan ini. Tiga di antaranya dibangun oleh pengembang yang sudah malangmelintang di ranah properti, sebut saja Perum Pembangunan Perumahan Nasional (Perumnas) milik BUMN, PT Galuh Mas Citarum, dan PT Cipta Graha Sejahtera.

Perum Perumnas membangun 2 tipe hunian, rusunami Grand Sentraland dan townhouse karawang. Hingga kini keduanya masih dalam tahap pembangunan. Tahap pertama penjualan unit Grand Sentraland menara A sudah terjual sebanyak 168 unit dari total 662 unit yang dipasarkan.

Ada tiga tipe ukuran yang ditawarkan yakni, studio (21m2), 1 kamar (32,7m2), dan 2 kamar (43,6m2). Harga rusunami Grand Sentraland ini dibanderol mulai dari Rp190 jutaan. Sementara itu untuk jenis townhouse, Perumnas menyediakan setidaknya 27 rumah dengan 3 tipe, yakni 75/105, 112/136, dan 136/97. Harga hunian ini dipasarkan mulai dari Rp210 jutaan.

DUA LANTAI, RP300 JUTAAN

Masih dalam satu kawasan yang sama, yakni di Jalan Bharata, Karawang Barat, PT Galuh Mas Citarum pun turut mendirikan proyek hunian. Salah satu proyek hunian mereka yang terbaru adalah River Garden. Kompleks hunian 2 lantai ini rencananya akan dibangun di atas lahan seluas 150ha dengan total bangunan sebanyak 150 rumah. Tipe rumah yang dipasarkan adalah 50/45 seharga Rp498 jutaan. Selain River Garden, beberapa proyek hunian Galuh Mas sebelumnya, yakni Courtyard, Victorian, Metropolis, dan Primrose, juga masih dipasarkan dengan kisaran harga mulai dari Rp500 jutaan.

Satu lagi pengembang yang menawarkan hunian murah tapi bergengsi, PT Putra Citanusa, lewat proyek Karawang Green Village (KGV). Sebelumnya PT Putra Citanusa telah mendirikan KGV 1 dan KGV Ext. yang mendapatkan sambutan baik dari warga Karawang. Saat ini mereka sedang mengembangkan proyek hunian lanjutan, yakni KGV 2 yang dibangun di atas lahan seluas 10ha. KGV 2 menawarkan hunian 2 lantai dengan harga terjangkau. Tahap pertama akan ada 4 tipe yang dipasarkan, yakni Miami (42/72), Orlando (50/84), Daytona (65/105), dan Keywest (86/120). Harga KGV 2 dibanderol mulai dari Rp360 jutaan.

Beberapa proyek hunian yang dibangun di tanah Karawang menandakan bahwa kawasan ini berpotensi menjadi kota mandiri, laiknya Cikarang dan Bekasi. Bahkan dengan adanya rencana pembangunan kereta cepat Jakarta—bandung, Karawang tak lagi dianggap sebagai kawasan yang terisolasi.

Karawang Green Village (KGV) yang menawarkan hunian senilai Rp360 jutaan.

River Garden, milik PT Galuh Mas Citarum berada di kawasan Karawang Barat

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.