Masih Tinggi Peminat

Batu ini masih banyak dicari dan diminati banyak orang. Apa yang membuatnya menarik?

Rumah - - MATERIAL - TEKS IRFAN HIDAYAT irfan@tabloidrumah.com

Batu dekoratif untuk mempercantik rumah jumlahnya sangat banyak di pasaran. Tetapi tahukah Anda, batu apa yang paling banyak dicari dan dipakai untuk mempercantik tampilan interior atau eksterior rumah? Jawabannya adalah batu andesit.

Di antara batu dekoratif lainnya, andesit masih menjadi primadona yang belum tergoyahkan. Bahkan, Suhari, pemilik batu alam di daerah Pasar Minggu, Jakarta Selatan, mengungkapkan bahwa hampir 2 dekade ini, penjualan batu andesit selalu tinggi.

“Batu andesit selalu saja banyak yang mencari, baik yang polos maupun bermotif,” ucap Suhari. Ya, semenjak tren rumah bergaya modern minimalis digemari di tahun 1900-an akhir, batu ini semakin laris manis di pasaran. Bahkan, Suhari sempat menjelaskan bahwa batu ini sempat susah dicari di pasaran. “Tepatnya, sekitar tahun 2005an karena terlalu banyaknya permintaan,” ucapnya.

Apa yang membuatnya istimewa? Jika diperhatikan secara seksama, serat batu andesit ini sangat minim tekstur dan cenderung bersih. Ini yang membuatnya disukai banyak orang. Apalagi, masyarakat modern sekarang juga ingin melihat sesuatu yang simpel tapi berkelas. Dan kesan itu tampak pada warna batu yang cenderung gelap.

Selain itu, batu andesit ini memiliki banyak kelebihan dibanding dengan batu paras. Ia memiliki tingkat kekerasan ( density) yang cukup tinggi, sifat batunya juga padat, tahan terhadap cuaca, dan lumut. Inilah yang menjadikan batu ini makin digemari.

Di pasaran, batu ini dijual dalam banyak ukuran. Ada yang 10cm x 20cm, 10cm x 30cm, 20cm x 20cm, 20cm x 40cm, 20cm x 60cm, dan 40cm x 40cm. Menurut Suhari, ukuran batu yang banyak dibeli berukuran 20cm x 40cm. Untuk harga bervariasi, disesuaikan dengan ukuran, dimulai dari Rp160.000/m2.

Www.batukoral.com

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.