Sentra Kusen dan Pintu Manggarai terus Bertahan Berkat Kekuatan Kayunya

Rumah - - MATERIAL - TEKS TIYA SEPTIAWATI FOTO YANNIS RUDOLF PRATASIK

Di tengah persaingan yang menghimpit dengan menjamurnya sentra-sentra kusen lainnya, sentra kusen Manggarai, Tebet, Jakarta Selatan masih bertahan sampai saat ini. Walau tidak sejaya dulu, sentra kusen ini masih menjadi tambatan hidup beberapa warga di daerah itu.

Lokasinya berada sekitar 500m dari Stasiun Manggarai. Di tempat ini terdapat sekitar 7 toko yang menjajakan aneka kusen, seperti kusen pintu, kusen jendela, daun pintu, dan daun jendela. Tidak hanya menjual, mereka juga membuat sendiri barang-barang tersebut. Jadi, selain tempat berjualan, toko itu juga menjadi bengkel mereka bekerja.

PELANGGAN DATANG DARI BERBAGAI DAERAH

Walaupun tidak terlihat banyak pembeli yang berlalulalang, bukan berarti tak ada aktivitas di sentra ini. Masih terlihat beberapa pekerja yang sedang mengampelas kayu. Di toko lainnya, ada pula pekerja yang menurunkan pesanan balok kayu dari mobil pick up yang baru datang dari agen.

Amintarja, pemilik toko kusen bernama PD Fenti, mengungkapkan bahwa hari itu ia sedang mengerjakan pesanan satu set pintu untuk rumah dari pelanggan daerah Bogor. Uniknya, meski sudah banyak ditemukan toko-toko kusen di berbagai daerah, sentra kusen di Manggarai ini masih menjadi pilihan konsumen.

“Alhamdulillah, setiap hari masih terima pesanan, ini lagi bikin satu set pintu buat dikirim ke Bogor,” ujar Amintarja. Ya, pembeli yang datang ke sini tidak hanya orang sekitar Jakarta, tetapi luar Jakarta seperti Bogor, Bekasi, dan Tangerang.

Salah satu pembeli yang saat itu sedang memilih desain pintu, Ikhlas, mengaku bahwa ia sudah berlangganan kusen di Manggarai. Ia merupakan pengusaha indekos di bilangan Jakarta Timur. Menurutnya, membeli kusen dan pintu di sini sudah terjamin kualitasnya. “Kayunya bisa tahan rayap sampai puluhan tahun,” ungkapnya.

BERTAHAN PULUHAN TAHUN

Amintarja sendiri telah menekuni usaha ini sejak tahun 1982 m mengikuti jejak orang tua yang ju juga perajin kusen. Saat ini, ia hanya fokus membuat kus kusen pintu dan kusen je jendela, setelah sebelumnya ju juga menerima pesanan k kitchen set dan furnitur. Kusen buatannya dijual dengan harga bervariasi, tergantung jenis kayu, ukuran, dan kerumitan pembuatannya. Ada beberapa jenis kayu yang dipakainya, seperti kayu kamper Samarinda, kayu jati Jawa Barat, borneo, dan mahoni.

Pengusaha kusen lainnya, Agus Setiawan juga mengaku, sudah terjun ke bisnis kusen sejak tahun 1980-an. Ia juga meneruskan bisnis orang tuanya yang sebelumnya telah membuka toko pembuatan kusen tersebut pada tahun 1970-an.

Amintarja mengaku masih bertahan berjualan kusen sampai detik ini karena menurutnya, kusen merupakan material yang pasti dipakai orang dalam membangun rumah. Walaupun pasang surut pembeli ia rasakan, Amintarja yakin bahwa bisnis ini masih menjanjikan.

KAYU KAMPER PALING BANYAK

Umumnya, perajin kusen di tempat ini menggunakan kayu kamper sebagai bahan baku kusen. Kayu itu dibeli dari pemasok di kawasan Klender, Jakarta Timur. Selain kamper, mereka juga menyediakan kayu jenis lain, seperti kayu jati dan kayu ulin.

Setiap produk kayu dibanderol berbeda, sesuai ukuran dan jenis kayu yang digunakan. Misalnya, daun pintu yang terbuat dari kayu kamper dijual dikisaran Rp900.000 hingga Rp 1juta. Sementara daun jendela mulai Rp300.000, dan kayu kusen dibanderol Rp500.000.

Dengan dibantu dua karyawan dan satu anaknya, Amintarja bisa menghasilkan 5 kusen dan dua daun pintu dalam sehari. Sering juga, ia menerima pesanan dari pengusaha indekos. Biasanya, para pengusaha memesan secara borongan langsung untuk kebutuhan tujuh kamar kosan atau lebih. “Kalau borongan kami bisa selesaikan seminggu untuk kebutuhan kusen, pintu, dan jendelanya,” ucapnya.

Selain borongan, ia juga melayani penjualan secara eceran. Amintarja menyediakan desain pintu dan kusen yang bisa Anda pilih. Namun, Anda juga dibolehkan membawa desain sendiri. Mau beli kusen atau pintu? Datang saja ke sini!

Salah satu tukang sedang menghaluskan kayu.

inilah contoh desain pintu yang disediakan oleh amintarja.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.