Ingin Punya Ruang Buat tempat Kumpul

Rumah - - KONSULTASI -

TSalam sejahtera Pak Wijoyo dan redaksi RUMAH. Kami adalah keluarga besar yang memiliki rumah 1 lantai dengan lahan memanjang berukuran 10m x 30m. Saya berniat merenovasi rumah saya ini menjadi 2 lantai dengan ruangan sebagai berikut. lantai bawah 1. Garasi. 2. Ruang tamu besar untuk arisan. 3. Ruang keluarga. 4. Ruang makan. 5. Ruang tidur (2 buah). 6. Kamar mandi. 7. Ruang tidur pembantu. 8. Kamar mandi pembantu. 9. Dapur. lantai atas 10. Ruang keluarga. 11. Ruang belajar. 12. Ruang tidur (4 buah). 13. Kamar mandi.

Saya sebenarnya sudah mencoba membuat denah sendiri yang inspirasinya berasal dari RUMAH, tapi belum berhasil karena banyak ruangan yang tidak terakomodasi dengan baik. Oya, saya juga menginginkan balkon di depan dan belakang. Mohon dibantu ya pak desainnya. Terima kasih atas bantuan Bapak. eric, lubuk Pakam.

JSalam sejahtera Bapak Eric. Terima kasih untuk pertanyaannya.

Dalam menyusun dan menata denah, setelah menyusun daftar kebutuhan ruang seperti yang telah Anda susun di atas, selanjutnya adalah menentukan prioritas ruang yang harus ada dan kemungkinan menghilangkan ruang jika luas tidak terpenuhi. Lalu, pisahkan ruang-ruang tadi ke dalam zona privat (ruang tidur), semi privat (ruang keluarga, ruang makan), dan servis (dapur, ruang cuci, kamar mandi).

Pembagian zona yang tepat akan membuat sirkulasi dan lalu lintas di dalam rumah menjadi nyaman, tidak terjadi saling silang antarpenghuni. Ruang publik yang terpisah dan jauh dari ruang privat akan membuat kegiatan istirahat Anda dan keluarga menjadi nyaman.

Pembagian zona tidak selalu harus memisahkan jauh-jauh ruangan di dalam zona tersebut. Sebagai contoh, kamar mandi dan dapur yang merupakan area servis, pada rumah modern letaknya bisa di area depan. Ini dikarenakan kegiatan memasak dan mandi menjadi kegiatan yang menyenangkan. Demikian pula dapur, yang kebanyakan menjadi satu dengan ruang makan dan ruang keluarga, sehingga kegiatan masakmemasak menjadi bagian dari rekreasi keluarga.

Peletakkan ruang tidur di dalam rumah sebaiknya berada di satu zona atau area, tidak menyebar di seantero rumah. Komunikasi antaranggota keluarga perlu dijaga, terutama untuk keluarga yang masih memiliki anak kecil. Dengan ruangan yang berdekatan, akan ada komunikasi antarkeluarga. Posisi ruang tidur tidak harus berderet seperti asrama, namun bisa mengelompok atau berseberangan. Bahkan, dapat diletakkan di lantai yang berbeda, namun berada di satu zona.

Di dalam denah yang saya buatkan, ruang tamu Anda yang semula berbentuk memanjang seperti lorong, saya ubah menjadi ruang tamu yang lebih ramping namun efisien dan terang. Anda menginginkan ruang tamu yang cukup luas untuk keperluan kumpul keluarga atau aktivitas lainnya. Dengan demikian, perlu adanya bukaan atau jendela yang memungkinkan sirkulasi udara berjalan baik.

Di samping itu, dengan menghilangkan dinding pemisah antara ruang tamu dan ruang keluarga, Anda akan mendapatkan ruang yang lebih luas lagi. Untuk

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.