CARA PEROLEHAN TANAH OLEH PERUSAHAAN ASING

Rumah - - PROPERTI -

QDear Pak Yulius, Perusahaan saya tempat saya bekerja rencananya akan membeli sebidang tanah yang nantinya akan dibagun untuk hotel berbintang. Perusahaan tersebut sebagian besar sahamnya dimiliki oleh asing. Pertanyaan saya adalah bagaimana proses pembelian tanah oleh perusahaan tersebut? Terima kasih, Merlin, Jakarta.

ADear Ibu Merlin, Terkait pertanyaan Ibu, saya sampaikan bahwa sebelum Ibu melakukan proses jual beli tanah untuk dibangun hotel berbitang, Ibu harus melihat apakah perusahaan Ibu dapat melakukan usaha untuk hotel berbintang, mengingat bahwa perusahaan tersebut sahamnya dimiliki oleh asing.

Ibu dapat melihat bidang usaha apa saja yang diperbolehkan untuk perusahaan Ibu dalam Peraturan Presiden No 39 tahun 2014 tentang Bidang Usaha yang Tertutup dan Bidang Usaha yang Terbuka Dengan Persyaratan di Bidang Penanaman Modal. Sebagai informasi tambahan, peraturan tersebut rencananya akan segera diperbaharui dengan adanya paket kebijakan ekonomi Presiden.

Jika Ibu telah memenuhi persyaratan tersebut, sebelum melakukan jual beli, perusahaan Ibu perlu memperoleh izin lokasi atas tanah tersebut dari Bupati, sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Agraria dan Tata Ruang/kepala Badan Pertanahan Nasional No.5 tahun 2015 tentang Izin Lokasi. Adapun batasan maksimal perolehan izin lokasi untuk kawasan resor perhotelan adalah seluas 200ha untuk 1 provinsi atau 4.000ha untuk seluruh Indonesia. Izin Lokasi tersebut diberikan untuk jangka waktu 3 tahun sampai proses perolehan hak atas tanah dilakukan.

Setelah izin lokasi didapatkan, perusahaan Ibu dapat melakukan proses jual beli dengan menggunakan PPAT setempat dan balik nama tanah tersebut ke perusahaan Ibu. Salam, Yuilus Setiarto

Anda punya masalah dalam hukum jual-beli, pembuatan akta, atau masalah lain seputar hukum properti? Layangkan pertanyaan Anda ke Tabloid RUMAH melalui e-mail ke redaksi@tabloidrumah. com. Cantumkan kata “Konsultasi Properti” pada judul e-mail.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.