KILASAN INDOBUILDTECH 2016

Pindah “rumah” ke ICE, di BSD City, pameran Indobuildtech 2016 malah dibanjiri peminat. Beragam produk pun ditawarkan di sini, termasuk produk-produk dari mancanegara.

Rumah - - MATERIAL - TEKS RAHMA YULIANTI rahma@tabloidrumah.com FOTO JOU ENDHY PESUARISSA, ADELINE KRISANTI, ADITYA RIANDA

Indobuildtech kembali digelar. Berbeda dengan gelaran Indobuildtech sebelumnya, pameran bahan bangunan yang sudah berlangsung sejak tahun 2003 ini diadakan di Indonesia Convention Exhibition (ICE) yang berlokasi di BSD City. Menurut Effi Setiabudi, Presiden Direktur PT Debindo, mereka sengaja memindahkan lokasi pameran dari Jakarta Convention Center (JCC) ke ICE dengan beberapa pertimbangan antara lain ukuran hall yang lebih luas dan langit-langit bangunan yang lebih tinggi hingga mencapai 12 meter. Dengan begini, stan-stan pesrta pameran Indobuildtech 2016 ini dapat dibangun dengan lebih maksimal.

Dari hasil pengamatan RUMAH selama pameran berlangsung kemarin, memang terlihat jika area pameran kali ini lebih luas ketimbang Jakarta Convention Center. Hal ini membuat stan-stan peserta pameran dapat dibangun lebih besar dan lebih luas sehingga produk yang ditampilkan menjadi lebih banyak dan proses transaksi juga lebih nyaman.

Lorong antar-stand juga lebih lebar sehingga walaupun di akhir pekan suasana cukup ramai dan pameran dipadati pengunjung, lorong ini tidak terlalu sesak.

BANYAK PESERTA ASING

Sebanyak 550 peserta pameran hadir dari gelaran Indobuildtech kali ini, termasuk peserta dari negara lain seperti China, Amerika, Korea, India, Iran, Singapura, Thailand, Vietnam, dan beberapa negara Eropa. Peserta-peserta ini tersebar di 10 hall, di area seluas 50.000m2. Beberapa produk impor itu belum dijual, karena belum memiliki distributor di Indonesia.

Produk seperti baja ringan, waterproofing, pintu dan lantai kayu terlihat masih mendominasi di sini. Banyak pula produk home sanitar dan water heater. Namun jika dibandingkan dengan gelaran sebelumnya, jumlah produsen-prodesen besar tampak berkurang. Merek-merek cat seperti Propan, Dulux, Catylac, serta Danapaint tak tampak meramaikan pameran ini. Begitupun dengan merek-merek keramik seperti Roman, Niro Granit, dan Milan, kali ini tidak ikut serta.

Walaupun begitu, produk-produk baru banyak bermunculan di Indobuildtech 2016. RUMAH menemukan cukup banyak produk anyar, yang bisa jadi referensi Anda ketika membangun. Apa saja itu?

Domus, rumah instan yang bisa didirikan dalam waktu 5 hari, menarik minat pengunjung Indobuildtech Jakarta.

Stan GRC Board yang dibangun bertingkat.

Salah satu stan yang menarik, yakni stan mm Galeri, produsen marmer dari Jawa Timur.

Stan Vinilon, hadirkan pilihan produk pipa.

rumah dan IDEA juga hadir di sini, dengan menghadirkan booth ala rumah bergaya shabby chic.

Sika, salah satu dari sekian banyak merek waterproofing yang hadir di sini.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.