BERBURU RUMAH DI BAWAH RP500 JUTAAN DI BODETABEK

Jeli ketika memilih, hunian murah bisa menjadi pilihan tepat dan lahan investasi yang menguntungkan.

Rumah - - HALAMAN DEPAN - TEKS EMILIA NURIANA emilianuriana@gmail.com FOTO ADITIA RIANDA LAHAN INVESTASI

Memiliki rumah idaman dengan harga yang terjangkau pasti menjadi impian banyak orang. Akan tetapi rasanya sangat sulit untuk mendapatkan harga terjangkau di wilayah yang dekat ibukota. Mau tidak mau Anda harus bergeser sedikit ke wilayah pinggir Jakarta untuk mendapatkan rumah dengan harga yang lebih terjangkau. Ternyata di wilayah seperti Depok, Bogor, Tangerang, dan Bekasi masih banyak perumahan yang menawarkan rumah dengan harga di bawah Rp500 jutaan.

Survei yang dilakukan oleh situs properti Rumah123.com juga menunjukkan data yang sama. Pada kuartal pertama tahun 2016 ini, tercatat harga rumah Rp200 juta – Rp500 juta menjadi kata kunci favorit pengunjung situs properti ini. “Dengan harga yang demikian, calon pembeli biasanya mencari di wilayah pinggiran jakarta,” ungkap Ignatius Untung, Country General Manager Rumah123.com.

Lokasi rumah dengan harga di bawah Rp500 juta banyak tersebar di wilayah penglaju seperti Depok, Tangerang dan Bekasi. Ferry Salanto, Senior Associate Director, konsultan properti Colliers Indonesia mengatakan, harga rumah ini biasanya mengikuti fasilitas yang ada di sekitarnya. “Semakin lengkap dan bagus fasilitasnya, maka semakin tinggi harganya,” kata Ferry.

KLASTER KECIL HINGGA PERUMAHAN

Berbagai tipe perumahan ditawarkan untuk rumah di bawah Rp500 juta ini. Mulai dari tipe kecil dengan konsep perumahan klaster, hingga perumahan besar buatan pengembang ternama. Akan tetapi, istilah “ada rupa ada harga” juga berlaku untuk rumah seperti ini.

Jika Anda menginginkan rumah dengan harga di bawah Rp500 juta dari pengembang besar, maka tipe yang Anda dapatkan biasanya lebih kecil dibandingkan perumahan klaster dengan harga yang tidak jauh berbeda. Meski begitu, pengembang besar biasanya menyediakan fasilitas perumahan yang cukup lengkap serta akses lokasi yang memadai.

Beberapa rumah murah memang dibangun di lokasi yang “antah berantah”. Tapi jangan segan untuk memilih rumah murah di lokasi yang jauh ini. Membeli properti rumah atau tanah tidak akan pernah rugi karena harganya yang terus meningkat. Begitu juga dengan rumah dengan harga dibawah Rp500 juta di sekitar Jabodetabek ini. Rumah murah ini bisa jadi lahan investasi yang tepat, asalkan Anda jeli dalam memilih.

Sebelum membeli, Anda haruslah mengetahui prospek wilayah incaran Anda. Cara yang paling mudah untuk mengetahui prospek suatu wilayah adalah dengan melihat rencana pembangunan sarana umum di sekitar lokasi hunian pilihan Anda. Lokasi yang memiliki prospek properti yang cerah biasanya dikelilingi akses jalan yang lebar, jalan tol, hingga daerah komersil seperti pertokoan dan ruko. Perhatikan dengan jeli prospek lain dari lokasi rumah incaran Anda. Jangan sampai, harga murah tapi tidak menguntungkan karena lokasi yang terlalu jauh dan sebagainya. Jadi, teliti sebelum membeli ya!

LOKASI PERUMAHAN TAMAN MELATI PREMIERE, SAWANGAN, DEPOK

Pertimbangan kualitas material serta lokasi bebas banjir juga perlu diperhatikan sebelum membeli rumah.

LOKASI PERUMAHAN TAMAN MELATI PREMIERE, SAWANGAN, DEPOK

Rumah dengan harga di bawah Rp500 jutaan biasanya belum dilengkapi pergola carport dan pagar. Hal ini harus jadi pertimbangan, jika Anda memiliki kendaraan pribadi.

Agar lebih hemat, Anda juga bisa memanfaatkan promo harga dari pengembang. launching

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.