Mandi Bikin Bahagia

Rumah - - SERAMBI -

Apakah manusia akan mati bila tidak mandi? Mungkin tidak. Setidaknya kita tahu, di negara 4 musim, saat musim dingin orang bisa saja tidak mandi berminggu-minggu dan baik-baik saja.

Efek buruk bila kita tidak mandi untuk waktu yang lama, paling di tubuh kita menempel berbagai kotoran dan bakteri, yang bisa saja menyebabkan penyakit. Akibat bakteri tersebut, tubuh juga akan berbau tidak sedap. Sehingga bisa dikatakan bahwa aktivitas mandi diperlukan agar tubuh selalu bersih dan juga wangi.

Di luar fungsi tersebut, mandi juga dapat membuat tubuh lebih rileks, sehingga menimbulkan rasa nyaman dan menurunkan tingkat stres. Bahkan bagi sebagian orang, mandi sebelum naik ke peraduan dapat membuat tidur lebih lelap. Mungkin bisa dibilang, mandi dapat membuat kita bahagia.

Karena fungsi-fungsi tersebut, tentu kamar mandi haruslah selalu dalam keadaan bersih. Kalau kamar mandinya kotor, bagaimana ia bisa menjalankan fungsi sebagai ruang untuk membersihkan tubuh? Tapi ruang yang biasanya berukuran kecil ini, ternyata justru adalah tempat berkumpulnya bakteri. Bakteri ini bisa muncul karena berbagai persoalan yang kerap dialami kamar mandi, mulai dari saluran tidak lancar, kloset bermasalah, sirkulasi udara tidak baik, dan sebagainya. Bahkan kamar mandi dikenal sebagai salah satu ruang yang paling banyak masalahnya.

Sebelum masalah di ruang mungil ini berlarut-larut, mari kita selesaikan setiap kali masalah muncul, sekecil apapun masalah itu. Jangan biarkan ruang untuk membersihkan tubuh ini menjadi ruang yang kotor, pengap, penuh bakteri, dan bikin pusing karena tidak berfungsi dengan baik.

Bila kamar mandinya bersih, tentu aktivitas mandi jadi lebih menyenangkan. Keluar dari kamar mandi pun tubuh bersih, pikiran segar, hati senang. Happy bathing! Made Mardiani Kardha Editor in Chief

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.