Koalisi Pemuda Hijau Indonesia SOLUSI NYATA PELESTARIAN LINGKUNGAN

Seperti pohon kecil yang tumbuh dan menghijaukan, begitu juga para pemuda ini diajar untuk peduli lingkungan. Pemuda yang peduli inilah yang akan menjadi jawaban berbagai masalah lingkungan.

Rumah - - SERBA-SERBI - TEKS GRACE ELDORA graceldora@gmail.com

Awalnya, komunitas ini dibuat untuk mewadahi kegiatan mahasiswa pecinta lingkungan di berbagai perguruan tinggi. Tujuannya sederhana, agar aksi lingkungan ini menjadi kegiatan nyata, terus berkelanjutan, dan terpatri di generasi muda. Namun, berkembangnya kegiatan pelestarian lingkungan ini membuat KOPHI (Koalisi Pemuda Hijau Indonesia) bermetamorfosis. Mereka tak hanya mengoordinasi kegiatan dan program antarkampus, tetapi juga kegiatan umum yang melibatkan masyarakat luas.

Perubahan ini bukan tanpa alasan. Selama 6 tahun ini, keanggotaan KOPHI Nasional mencapai 1.000 orang, termasuk para relawan. Profil anggotanya pun semakin beragam, dari yang berusia 16 hingga 30 tahun. Bahkan, banyaknya anggota komunitas membuat KOPHI disahkan oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia sebagai perkumpulan berbadan hukum pada akhir Januari 2016.

Nama-nama kegiatan KOPHI sangat beragam dan menarik, contohnya nama event KOPHI SENUSA (Sejukkan Nusantara) 2015. Aksi nasional ini bertema pariwisata berkelanjutan dan berlangsung serentak di seluruh nusantara. Wilayah pesisir mengadakan penanaman bakau ( mangrove) dan transplantasi terumbu karang. Daerah lain mengadakan aksi eduwisata (edukasi dan wisata) seperti mengunjungi Taman Nasional, atau yang menyesuaikan dengan kebutuhan daerahnya.

EDUKASI ANAK DAN REMAJA

Keseriusan KOPHI menjadi solusi nyata terwujud dari program yang langsung menyentuh masyarakat, khususnya pemuda. Salah satu misinya memang ingin menciptakan gerakan hijau nasional yang nyata dan berkelanjutan. Tahun ini saja, KOPHI akan mengadakan KOPHI Panas (Peduli Anak dengan Edukasi dan Sanitasi) yang akan melibatkan anak dan remaja usia 7-12 tahun warga Rusunawa Cipinang. Ini merupakan agenda kedua yang mengajarkan anak dan remaja untuk merawat lingkungannya. Misalnya belajar daur ulang sampah, vertikultur, pendidikan hemat energi, hingga sanitasi sederhana seperti gunting kuku, cuci tangan, dan sikat gigi yang baik dan benar.

KOPHI Goes to School mengedukasi siswa TK, SD, SMP, dan SMA untuk memilah jenis sampah, edukasi tanggap banjir, daur ulang sampah non organik, bahkan pembuatan biopori, dan pemilihan Duta Lingkungan KOPHI. Masing-masing anggota yang ahli di bidangnya juga diberikan kesempatan untuk transfer ilmu antarsesama anggota.

GALANG PETISI BERSAMA

Komunitas ini berusaha untuk tidak berjalan sendiri, mengingat visinya untuk menyatukan generasi muda Indonesia untuk peduli dan tanggap lingkungan. KOPHI pernah menggalang petisi “Kami Tidak Ingin Botol Plastik Lagi” dan berkolaborasi temanteman komunitas Earth Hour Depok. Tak berhenti sampai di sini, KOPHI pernah kolaborasi dengan berbagai macam komunitas, seperti Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik, dan Bersih Nyok (saat hari peduli sampah Nasional 2015), serta dengan komunitas Ebi Bag (saat Hari Peduli Sampah Nasional)

Konsisten KOPHI berkarya di masyarakat makin membuatnya dikenal dan bahkan diapresiasi. Beberapa diantaranya KOPHI Jawa Tengah mendapat penghargaan Komunitas Terinspiratif di Jawa Tengah dari Young On Top Semarang. KOPHI Jogja sebagai Komunitas Terinspiratif di Yogyakarta pada acara Festagama UGM.

Ya, bagi KOPHI tidak ada waktu terlambat untuk memperbaiki lingkungan agar menjadi lebih baik. Anak kecil, remaja, dan Anda sendiri dapat memulainya dari hal yang kecil. Ayo peduli lingkungan! Seorang aktivis memberikan edukasi pada siswa SD di sekitar pemukiman Rusunawa, Cipinang pada pada event KOPHI PANAS April 2016. Para pendiri KOPHI bersama Duta Lingkungan dari SMAN 53 Jakarta dan penghargaan lainnya bagi siswa yang aktif dalam kegiatan lestari lingkungan. Kegiatan tahunan KOPHI Senusa yang berlangsung pada Agustus 2015 bersama dengan warga sekitar di Kepulauan Seribu. Socmed4socgood di Jakarta Digital Valley pada Maret 2015 bersama Duta Besar Amerika Serikat untuk Jakarta Robert O. Blake.

Siswa peserta kegiatan KOPHI berpose ceria sambil menampilkan gantungan dari bahan daur ulang. Event

DOK. KOPHI

Penghijauan dengan cara penanaman pohon oleh para anggota KOPHI di Bumi Perkemahan dan Grha Wisata Cibubur pada Mei 2016.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.