SOLUSI JITU ATASI MASALAH KAMAR MANDI

Beragam masalah kebersihan dan kesehatan kerapkali bersumber dari kamar mandi. Atasi masalah tersebut sampai tuntas!

Rumah - - LAPORAN UTAMA - TEKS TIYA SEPTIAWATI tiyaseptiawati@gmail.com

Karena fungsinya lebih dari sekadar membersihkan diri, sangat penting membuat kamar mandi menjadi ruang yang menyenangkan. Namun, banyak penghuni masih menganggap kamar mandi sebagai ruang “kelas dua”. Entah letaknya di ruang-ruang sisa, maupun rancangannya yang kurang digarap secara serius. Padahal kamar mandi memegang peran yang sangat vital.

Vital, namun sering kali disepelekan. Dianggap sebagai area sekunder dalam rumah, yang kebersihannya dinomorduakan. Ya, itulah kamar mandi, salah satu area servis di rumah yang menjadi tempat di mana segala kegiatan sanitasi berlangsung—mulai dari mandi hingga buang air. Namun, dengan peranan sepenting itu, ternyata kamar mandi menjadi salah satu area di rumah yang sering mendatangkan masalah.

Kamar mandi sering dianggap “biang onar” di dalam rumah. Pasalnya, beragam masalah kebersihan dan kesehatan kerapkali bersumber dari kamar mandi. Ketika kamar mandi tak dirawat secara rutin, dibiarkan kotor terbengkalai, dan menjadi sumber masalah higienitas, seluruh aktivitas Anda pun akan terganggu. Tak hanya itu, kesehatan Anda dan keluarga pun bisa terancam, mengingat jutaan bakteri yang mungkin “menghuni” kamar mandi, bila Anda luput membersihkannya.

Nah, dari beragam masalah kamar mandi, setelah RUMAH melakukan survei kepada pembaca, RUMAH menyimpulkan bahwa terdapat 4 masalah utama yang bisa “lahir” di kamar mandi. Pertama, masalah pada lantai. Kedua, masalah pada kloset. Ketiga, masalah pada keran dan shower. Terakhir, masalah-masalah lainnya pada elemen kamar mandi, seperti cermin, wastafel, dan munculnya organisme dalam kamar mandi (seperti binatang dan jamur).

Namun, tak ada masalah yang tak memiliki jalan keluar. Di 5 halaman berikutnya, RUMAH akan membahas tuntas seputar masalah-masalah utama yang biasa Anda alami di kamar mandi, beserta solusi ampuh yang akan membantu Anda untuk menanganinya.

LOKASI KEDIAMAN KELUARGA CATHERINE ALEXANDRA, APARTEMEN AMBASSADOR, KUNINGAN, JAKARTA SELATAN DESAINER INTERIOR HUSNI KHOTAMI, LYA LYA FURNITURE

LOKASI KEDIAMAN KELUARGA JAY SUBIAKTO, CIPETE, JAKARTA SELATAN

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.