JANGAN LUPAKAN MASALAH INI! HAWA PENGAP DAN PANAS WASTAFEL MENGUNING

Rumah - - LAPORAN UTAMA - SOLUSI SOLUSI

Hawa kamar mandi yang pengap dan panas membuat kegiatan mandi menjadi kurang nyaman sehingga kita serasa ingin cepat-cepat keluar dari kamar mandi.

Kamar mandi tanpa sirkulasi akan membuat ruang lembap. Udara panas yang mengalir ke atas akan terperangkap di langit-langit, sehingga ruangan akan terasa panas. Selain itu, kurangnya perputaran aliran udara juga akan menyebabkan kamar mandi terasa pengap, apalagi jika tertutup terus sepanjang hari.

Idealnya adalah memberi bukaan pada dinding yang bersisian dengan area terbuka, atau pada plafon ( skylight). Namun jika kamar mandi berada di tengah bangunan, pasanglah exhaust fan yang bisa dibuat mengarah ke luar atau langit-langit ruangan. Alat ini bisa menarik udara kering di kamar mandi dan memasukan udara segar.

Keberadaan exhaust fan di kamar mandi juga dapat mempercepat pengeringan lantai dan dinding kamar mandi. Idealnya, jenis yang digunakan adalah exhaust fan tipe sirocco ( exhaust fan dengan pengisap seperti AC). Harga exhaust fan ini di pasaran Rp285.000.

Salah satu faktor yang membuat keramik sanitari cepat menguning adalah kualitas air yang buruk. Air dengan kandungan zat besi tinggi akan menyebabkan air berwarna kuning, biasanya air saat keluar dari keran nampak jernih, namun setelah beberapa saat akan berubah warna menjadi kuning. Ini disebabkan karena air yang berasal dari sumber masih berbentuk ion Fe2+ dan saat keluar dari kran akan teroksidasi dan berubah menjadi Fe3+ yang berwarna kuning. Ciri-ciri air dengan kandungan zat besi tinggi dapat diketahui terdapat noda atau bercak berwarna kuning kecoklatan pada lantai kamar mandi, kloset, wastafel, bak penampungan, maupun lantai keramik.

Jika memungkinkan, gunakan filter air untuk mengurangi kadar besi pada air. Namun, jika tidak, lakukan dengan menghilangkan noda-noda kuning tersebut. Caranya, rendam batu apung pada air hangat. Kemudian, dengan menggunakan sarung tangan karet, mulailah menggosok karat pada objek (noda kuning membandel yang biasanya melingkar di sekitar lubang WC, karat kuning pada keramik kamar mandi dan wastafel). Pastikan permukaan obyek yang akan digosok dan batu apung dalam kondisi basah untuk menghindari menggores/ mengikis porselen/keramik. Setelah terlihat noda mulai luntur dan hilang, siram wastafel. Hasilnya, peralatan wastafel bebas karat noda kuning dan berkilau kembali.

LOKASI APARTEMEN ROYAL MEDITERANIA GARDEN TOWER LAVENDER, JAKARTA BARAT ARIF SANTOSO ANGELA CATHARINA TAN RAHARDIAN

ARSITEK DESAIN INTERIOR FOTO

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.