Awas! Pemanasan Global Mengancam Kesehatan

Kebakaran hutan, bencana alam, peningkatan suhu bumi, dan perubahan iklim adalah beberapa dampak pemanasan global. Masih banyak dampak lainnya yang dapat mengancam kesehatan Anda.

Rumah - - RUMAH SEHAT - TEKS SELVIA MARTIANI selvi@tabloidrumah.com

Bencana alam yang terjadi di Jawa Tengah bagian selatan pada bulan Juni lalu menyisakan duka yang mendalam. Puluhan orang dinyatakan meninggal dunia dan bahkan beberapa belum ditemukan. Tak hanya berhenti di sini, kabar mengenai bencana alam di berbagai kota seakan menjadi headline yang bisa kita lihat setiap harinya. Dari mulai ribuan rumah warga terendam banjir di Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Jawa Barat akibat curah hujan yang tinggi, hingga gelombang tinggi dan angin kencang yang mengancam kawasan perairan Lampung.

Ya, dampak pemanasan global rupanya mengacaukan kehidupan masyarakat. Tidak hanya di Indonesia, bencana ini berpotensi menyerang siapapun dan negara manapun di seluruh dunia. Bahkan, cuaca dan iklim yang tak bisa diprediksi telah mengacaukan pola musim di beberapa negara. Belum lagi, suhu ekstrem yang belakangan dirasakan oleh kita semua, yang membuat bumi semakin terasa panas. Udara pagi yang seharusnya memberikan kesejukan, kini telah disusupi paparan sinar matahari yang panasnya menusuk hingga ke balik kulit.

dampaknya Bagi hunian

Meski sudah dirasakan sejak beberapa tahun lalu, belakangan ini suhu bumi semakin ekstrem. Green Building Council (GBC) Indonesia mengungkapkan bahwa dampak pemanasan global saat ini sudah melampui titik balik (peak point). Manusia sudah tidak memiliki pilihan lain untuk bertahan hidup selain mempertahankan keberlanjutan eksistensi mereka di bumi. Dampak pemanasan global saat ini dapat dirasakan di hampir seluruh sektor, mulai dari agrikultur, ekonomi, sosial, kesehatan, dan hunian.

F. Erlyana Anggita Sari, PR & Government Relation Officer GBC Indonesia mengungkapkan, khusus hunian, dampak pemanasan global dapat dirasakan dari sulitnya

mendapatkan air bersih, meningkatnya temperatur udara, terbatasnya persediaan energi yang membuat cara hidup manusia harus berubah, dan lain-lain. Rupanya tidak hanya berdampak pada hunian, pemanasan global juga dapat mengancam kesehatan dan keselamatan manusia. Apa saja dampak pemanasan global tersebut? Simak ulasannya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.