GRATIS JASA ARSITEK

BAGI WARGA JAKARTA

Rumah - - HALAMAN DEPAN - TEKS IRFAN HIDAYAT irfan@tabloidrumah.com FOTO JOU ENDHY PESSUARISA

Ada banyak perspektif yang hadir di masyarakat tentang jasa arsitek, khususnya terkait biaya. Kebanyakan mengatakan bahwa biaya jasa arsitek terbilang mahal. “Mending buat beli material atau bayar tukang daripada harus memakai arsitek,” ucap Ari Samiaji, penghuni rumah di kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Tetapi, ada juga yang merasa biaya arsitek itu tidak mahal karena arsitek juga butuh pemikiran yang detail saat merancang desain sebuah rumah. “Saya pikir, sih, enggak mahal ya. Arsitek juga kan memiliki tanggung jawab besar, desain yang dirancang harus terbangun. Desainnya pasti lebih bagus dibanding buatan sendiri, soalnya mereka kan paham tuh soal desain. Kita juga enggak direpotkan saat membangun rumah,” ucap Jonathan, penghuni rumah di kawasan Kemang, Jakarta Selatan.

semua ada Plus minus

Ya, tak dapat dipungkiri, membangun sendiri biaya di awal pembangunan pasti jauh lebih murah. Tetapi, perlu diketahui, biaya perawatan setelah rumah terbangun bisa jadi lebih mahal antara rumah yang dibangun sendiri dibanding yang dibangun arsitek. Ini dikarenakan rumah yang dibangun sendiri biasanya tidak menggunakan standarisasi desain, kemungkinan melakukan kesalahan dalam proses pengerjaan juga besar, dan tidak ada proses pengawasan detail terkait bahan bangunan serta proses pengerjaannya. Sementara, jika menggunakan arsitek, idealnya semua sudah terakomodasi.

Tugas seorang arsitek bukan sekadar mendesain. Ada banyak tanggung jawab yang harus diemban oleh arsitek, seperti desain harus terbangun, tampilan cantik dan menarik, fungsional, nyaman dan aman, serta mengakomodasi seluruh kebutuhan penghuni rumah. Selain itu, gambar arsitek juga harus dapat langsung digunakan untuk mengurus Ijin Mendirikan Bangunan (IMB). Sementara, jika tanpa arsitek, kita harus membuat desain ulang agar perizinan. Apapun itu, semua ada plus minusnya.

BANGUN Baru, BUKAN renovasi

Berkaitan dengan jasa arsitek untuk pembangunan rumah tinggal, kini ada kabar yang mengembirakan. Pemprov DKI menyediakan puluhan tenaga ahli untuk membantu warga Ibukota mendirikan bangunan dan mendapatkan kemudahan mengurus IMB. Ingat ya, baru warga Jakarta saja. Layanan gratis tersebut bisa dinikmati untuk desain rumah dengan luas tanah di bawah 200m2.

Tetapi perlu digarisbawahi, selain desain rumah dengan luas tanah di bawah 200m2, persyaratan menggunakan jasa arsitek gratis ini hanya bisa dinikmati oleh warga di perkampungan atau lahan kosong. Dengan kata lain, Anda yang memiliki tanah di dalam sebuah klaster tidak bisa menikmati jasa arsitek gratis, meskipun luas tanah berada di bawah 200m2. Selain itu, layanan ini hanya bisa dilakukan untuk membangun rumah baru, bukan digunakan untuk kasus renovasi. Tertarik menggunakan layanan ini?

tugas arsitek bukan hanya mendesain, namun juga harus memastikan desain tersebut memenuhi kebutuhan penghuni rumah.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.