GIPSUM KINI BISA UNTUK DINDING KAMAR MANDI!

Rumah - - HALAMAN DEPAN -

Bahan gipsum memang dikenal tidak tahan air sehingga material ini rentan sekali rusak. Air yang meresap pada papan gipsum lama-kelamaan bisa mengundang tumbuhnya lumut dan jamur, dan membuatnya menjadi busuk. Kalau sudah begini, papan gipsum bisa rusak dan tampilannya tidak indah lagi.

Tapi dengan semakin berkembangnya teknologi, kini sudah hadir papan gipsum anti-lumut yang dapat diaplikasikan pada kamar mandi. Papan gipsum dapat dipakai di area lembap seperti kamar mandi, teras maupun daerah dengan tingkat kelembapan tinggi.

Papan gipsum ini dapat dimanfaatkan sebagai sekat atau dinding kamar mandi. Tak jauh beda dengan dinding yang terbuat dari batu bata, dinding yang berbahan papan gipsum juga terbukti kuat dan tahan lama. Kelebihan lainnya dari penggunaan papan gipsum sebagai dinding/ penyekat kamar mandi, gipsum juga relatif mudah dan cepat untuk dikerjakan.

Akan tetapi, Anda harus tepat memilih jenis gipsum yang akan digunakan untuk kamar mandi. Gunakan gipsum yang tahan akan kelembapan tinggi dan antijamur/ lumut.

Yang dimaksud dengan gipsum yang tahan kelembapan ini adalah gipsum dapat diletakkan di area lembap seperti kamar mandi. Namun bukan berarti papan gipsum ini bisa terendam air. Karena itu, di bagian bawah (sampai kira-kira setinggi 1 meter), dinding kamar mandi yang menggunakan gipsum, tetap perlu dilapisi keramik.kini, sudah banyak produsen yang memproduksi gipsum untuk area basah.

Misalnya saja papan gipsum Jayaboard Wet Area Optimum dari Jayaboard. Papan gipsum ini dibuat dengan bahan khusus sehingga lumut atau jamur enggan menempel pada permukaan gipsum. “Pada papan gipsum ditambahkan material khusus di dalamnya sehingga bisa menambah kelembapan tinggi,” ujar Suwarso, System Development Supervisor Jayaboard.

Selain itu, ada juga papan gipsum Moisture Resistant dari Elephant. “Papan gipsum juga memiliki daya tahan yang lebih baik terhadap jamur dan juga lebih rata jika dipasang,” ujar Sutanto, Project& Technical Manager Elephant Gypsum.

Gyproc Saint-gobain juga mengeluarkan produk gipsum untuk area basah, bernama Aqualine. Gipsum ini diproduksi sebagai solusi area dengan kelembapan yang tinggi. Aqualine terbuat dari senyawa gipsum yang telah dilengkapi dengan cairan silikon terpolimerasi untuk mengurangi penyerapan air pada papan sehingga tahan dengan daerah yang lembap.

MATERIAL KHUSUS

Tentu saja, jenis papan gipsum yang digunakan untuk ruangruang dengan tingkat kelembapan tinggi semacam ini harus pula disesuaikan materialnya. Papan gipsum untuk kamar mandi memang berbeda dengan tipe papan gipsum yang dipakai di ruang lainnya. Papan gipsum ini dicampur dengan bahan tertentu sehingga lebih tahan lembap.

Elephant misalnya, menambahkan silikon. Perbedaannya dapat dilihat secara fisik yaitu warna kertas yang berbeda, jika untuk daerah lembap warna kertasnya hijau muda dan untuk gipsum di ruang lainnya berwarna kertas atau warna abuabu gading.

“Materialnya lebih khusus, menggunakan kertas khusus yang lebih tahan lembap dan daya serap air yang lebih rendah,” ucap Sutanto. Di dalam core atau inti gipsum Elephant, terdapat bahan silikon yang meningkatkan ketahanan papan gipsum terhadap kelembapan.

Pada papan gipsum Jayaboard Wet Area Optimum juga ditambahkan material khusus. Wax atau silicone ditambahkan di dalamnya sehingga bisa menahan kelembapan tinggi dan penyerapan airnya sangat minimal.

Gipsum untuk kamar mandi berbeda dengan gipsum pada

Smart home pada ajang Jakarta Fair kemayoran 2016 ini menggunakan papan gipsum dari Jayaboard Wetarea optimum.

Gipsum untuk kamar mandi dapat digunakan lapisan dasar dinding keramik dan marmer yang rawan lembap.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.