SOLID WOOD UNTUK TABLE TOP

Kayu ini mulai marak digunakan sebagai table top dapur. Apa saja kelebihan dan kekurangannya?

Rumah - - HALAMAN DEPAN - TEKS TIYA SEPTIAWATI tiyaseptiawati@gmail.com FOTO TAN RAHADIAN

Soal memberi kesan alami pada hunian, kayu adalah ahlinya. Selain menampilkan serat kayu yang menawan, kayu dapat dibentuk dalam wujud yang kita inginkan. Tidak sedikit orang yang rela menggelontorkan uang jutaan rupiah hanya untuk menghadirkan elemen kayu yang eksotis ke dalam rumah, entah sebagai pengisi rangka pintu, jendela, atau dinding.

Jenis kayu yang sering dipakai di dalam interior rumah ialah kayu solid. Sesuai namanya, kayu solid merupakan kayu utuh, sehingga lebih kuat dan lebih kokoh daripada kayu olahan. Sebanding dengan kualitasnya, maka furnitur dengan kayu solid harganya relatif mahal.

Proses pengolahannya pun membutuhkan keterampilan yang khusus. Pengeringan harus sempurna untuk mengindari sifat muai-susut kayu. Jenis kayu yang banyak digunakan biasanya kayu jati, sungkai, ataupun nyatoh.

Kayu jati dipilih karena memiliki urat kayu yang cantik sehingga bagus untuk diekspos atau ditonjolkan dan lebih tahan terhadap cuaca ataupun rayap. Namun harganya sangat mahal, sehingga sering digunakan untuk furnitur berkelas atau furnitur ekspor.

Kayu sungkai sering digunakan sebagai pengganti kayu jati karena harganya lebih murah. Warnanya pun cenderung lebih terang daripada kayu jati. Selain kayu sungkai, kayu nyatoh kini juga popular digunakan sebagai pengganti kayu jati.

Kebanyakan orang beranggapan bahwa kayu solid dapat bertahan lama dan materialnya padat sehingga mudah diberi detail-detail tambahan untuk hiasan. Namun sepanjang penggunaanya, kayu solid akan mengalami muai-susut yang dapat berpengaruh terhadap ukuran. Apabila tanpa langkah pencegahan yang tepat, beberapa jenis kayu solid lebih rentan terhadap rayap, sehingga dapat mengeluarkan bubuk kayu yang menyebabkan kayu keropos.

POPULER SEBAGAI TABLE TOP

Kini, banyak orang yang menggunakan kayu solid sebagai material table top pada kitchen set. Menurut Wilopo Rusmaraji, arsitek dari Jendela Putih Studio, ada beberapa kelebihan dan kekurangan bila menggunakan kayu solid sebagai table top.

Kelebihannya ialah terletak pada warnanya yang natural. Warna yang dihasilkan alami dan acak, tidak ada yang sama persis sehingga semakin mengesankan kesan natural pada kayu. Kayu solid sangat cocok digunakan untuk Anda yang menyukai konsep natural pada dapur.

Sementara itu, karena teksturnya yang kasar membuat sebagian orang kurang nyaman ketika melakukan kegiatan di dapur. Material ini juga kurang tahan terhadap air. Walaupun warnanya natural, warna tersebut akan berubah seiring waktu atau menua ketika terkena air. Solid wood juga mudah meresap noda karena memiliki pori-pori.

PEMASANGAN MUDAH NAMUN HARGA MAHAL

Kitchen set dengan penggunaan kayu solid biasanya cocok untuk dapur yang bernuansa rastik, natural, dan beragaya country. Dibanding dengan table top berbahan keramik, granit, dan solid surface, pemasangan kayu solid jauh lebih mudah dan lebih cepat. Pemasangannya juga lebih bersih karena tidak perlu memakai lem atau semen, cukup disekrup saja.

Menurut Enrico Nirwan Histanto, arsitek One Way Architecture sekaligus dosen studio perancangan UNPAR Bandung, kelembapan dari kayu solid juga harus diperhatikan. Bila menempel pada dinding, kayu solid cenderung menjadi lembap.

Perhatikan pula arah hadapnya, jangan meletakkan kayu solid menghadap barat atau dekat jendela dan bukaan langsung. “Ketika dipasang, solid wood oke, namun setelah beberapa saat jadi menyusut sehingga lem lepas pada bagian ujung. Hubungan dengan dinding ( backsplash) menjadi renggang,” ujar Enrico.

Dari segi harga, kayu solid jauh lebih mahal dibanding keramik dan solid surface, mulai dari Rp2.200.000 untuk panjang 186 cm x 63,5cm. Ada juga ukuran 246 cm x 63,5 cm dengan harga Rp2.700.000. Untuk kitchen set ukuran 4m x 3m seperti pada foto di atas, total biaya yang dikeluarkan ialah Rp24 juta. Terlepas dari kelebihan dan kekuranganya, kayu solid tetap indah bila diaplikasikan, tentunya dengan penerapan yang tepat pula.

KEDIAMAN M. HUSNI – RIYANI, BANJAR WIJAYA, CLUSTER LANTANA, TANGERANG WILOPO RUSMARAJI, JENDELA PUTIH STUDIO

FOTO DESAINER

Walaupun pemasangannya cenderung mudah, namun

table top dengan solid wood harganya relatif mahal.

Pada kitchen set ini, solid wood digunakan pada bagian top table.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.