Susah Mencari Tukang? Aplikasi Ini Bisa Membantu!

Beberapa aplikasi di bawah ini dapat mempermudah Anda dalam mencari tukang dan jasa untuk berbagai kebutuhan Anda.

Rumah - - SERBA SERBI - TEKS TIYA SEPTIAWATI tiyaseptiawati@gmail.com AHLIJASA FOTO JOU EDNHY PESUARISSA SEJASA TULUNGIN

Akhir-akhir ini dunia teknologi memang melejit dengan sangat pesat. Setelah sebelumnya ada aplikasi pengaduan masyarakat untuk pemerintah bernama Qlue, kini telah hadir berbagai aplikasi untuk masyarakat yang ingin mencari tukang atau jasa.

Kemudahan layanan tersebut bisa didapatkan melalui ponsel pintar maupun lewat situs internet. Termasuk kebutuhan untuk mendapatkan tukang perbaikan rumah, misalnya. Dalam aplikasi jasa tukang ini juga terdapat beberapa kategori jasa perbaikan yang ditawarkan. Misalnya, perbaikan produk elektronik, AC, pipa air, serta komputer. Tidak hanya itu, jasa home cleaning dan laundry pun juga ada. Tiga startup berikut ini bisa menjadi pilihan Anda dalam mencari tukang dan berbagai jenis jasa. Apa saja itu? Perusahaan jasa yang berdiri pada 13 September 2015 ini menawarkan tiga layanan. Jasa tersebut antara lain jasa laundry antar dan jemput, jasa servis AC, dan jasa membersihkan rumah ( home cleaning) “Untuk laundry, kami menggunakan sistem kotak laundry, di mana user memasukkan sebanyak-banyaknya pakaian kotor ke dalam kotak. Berapapun banyaknya pakaian yang dimasukkan ke dalam kotak, user hanya perlu membayar Rp40.000/ kotak. Biaya ini sudah termasuk biaya antar dan jemput,” ujar Christian Djaja Atmadja, Head of Business Development dari Ahlijasa.com.

Sementara untuk jasa servis AC, harga dimulai dari Rp70.000/unit untuk cuci AC, penambahan freon AC Rp150.000/ unit, serta bongkar dan pasang AC Rp300.000/unit. “Kami menyediakan jasa servis dan reparasi AC. Semua teknisi yang menjadi mitra Ahlijasa sudah melalui proses seleksi yang ketat,” tambah Christian.

Jasa ketiga, yaitu home cleaning. Yang termasuk ke dalam jasa ini adalah menyapu, mengepel, membersihkan kamar mandi, merapikan kamar, mengelap kaca, dan menyedot debu. Untuk jasa yang satu ini, Ahlijasa hanya sebatas general cleaning saja. Semua produk pembersihnya pun dibawa oleh pertugasnya langsung. Harga dari home cleaning dimulai dari Rp60.000/jam.

Anda dapat menggunakan jasa ini melalui situs ahlijasa.com atau mengunduh aplikasinya di ponsel pintar Anda. Saat memesan, Anda akan ditanyakan beberapa detail mengenai jasa yang akan dilakukan, waktu kedatangan penyedia jasa, dan detail kontak Anda. Dalam 30 menit, Anda akan mendapatkan konfirmasi via email dan sms mengenai penyedia jasa yang akan datang. Saat ini, sistem pembayaran masih menggunakan sistem tunai. Sejak berdirinya, aplikasi Ahlijasa telah diunduh oleh 12.000 orang, lho!

Berbeda dengan Ahlijasa yang menyediakan tiga layanan, Sejasa menawarkan lebih banyak lagi layanannya dari mulai renovasi rumah, pemasangan atap, ahli kunci, sampai pemasangan pintu dan jendela. Sejasa menghubungkan pelanggan dengan sang penyedia jasa. Melalui platform ini, pelanggan bisa menuliskan permintaan mereka, waktu, serta bujet yang mereka pasang.

Cara kerjanya hampir sama. Anda harus mengisi formulir tentang jasa yang ingin dicari. Kemudian, Sejasa akan memberikan rekomendasi penyedia jasa dalam waktu beberapa jam. Ya, dalam hitungan jam, durasi waktu yang tergolong lama.

Dalam rentan waktu tersebut, sebanyak 6 penyedia jasa nantinya akan menawarkan jasanya melalui pemberitahuan di email Anda. Dari rekomendasi tersebut, Anda lah yang memilih mana penyedia jasa yang paling cocok dengan Anda. Harganya pun berbeda-beda sesuai dengan yang penyedia jasa tawarkan. Anda bisa menghubungi sejasa via situsnya yakni sejasa.com atau mengunduh aplikasinya di smartphone Anda.

Jasa via situs tulungin.com dan aplikasi pada smartphone ini akan mengirimkan teknisi ke rumah Anda yang membutuhkan bantuan untuk memperbaiki AC, kulkas, pipa, dan listrik yang rusak atau bermasalah. Fitur sederhana yang ditawarkan oleh Tulungin adalah kemudahan untuk melakukan pemesanan. Mudah karena pemesananan disesuaikan dengan wilayah tempat tinggal. Dengan begitu, Tulungin dapat memberikan respon cepat, baik itu saat servis pertama kali maupun jadwal servis selanjutnya.

Tarif untuk cuci AC sebesar Rp50.000, jasa servis AC Rp100.000, dan instalasi AC dikenakan Rp250.000. Harga tersebut belum termasuk suku cadang AC yang digunakan pelanggan.

Nah, dengan ketiga startup di atas, Anda tak perlu bingung lagi saat mencari tukang. Praktis, bukan?

DOK. AHLIJASA

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.