MEMILIH MEJA MAKAN YANG PAS

Meja makan pun punya aturan. Selain harus memberi kenyamanan yang maksimal pada penggunanya, meja makan mestinya mengganggu aktivitas atau sirkulasi orang yang berada di sekitarnya. Ini dia aturannya!

Rumah - - INTERIOR - TEKS WINDA DEWANTARY windadewantary@gmail.com

Memilih furnitur untuk ruang sebenarnya bukan perkara yang sulit. Ini dikarenakan jenis furnitur setiap ruang sudah ada standarnya. Anda tak mungkin, kan, menaruh kitchen set di ruang tidur?

Memilih furnitur juga bisa dikatakan mudah karena bisa disesuaikan dengan keinginan Anda. Artinya, tak ada paksaan untuk memilih furnitur sesuai dengan selera orang. Furnitur Anda adalah selera Anda, dan bukan atas dasar selera orang. Jadi, Anda bisa dengan sesuka hati mengisi furnitur di rumah Anda.

Yang buat memilih furnitur menjadi sulit adalah apabila selera yang Anda pilih tidak sesuai dengan kondisi ruangan (kebesaran/kekecilan) dan konsep desain rumah secara keseluruhan. Furnitur yang terlalu kecil akan membuat Anda tak nyaman menggunakannya. Sementara, furnitur yang terlalu besar akan membuat proporsi ruang tidak enak dipandang dan ruang jadi sempit. Begitu juga dengan konsep yang tak sesuai akan membuat penampilan rumah Anda berantakan.

TAK SESEDERHANA YANG DILIHAT

Pemilihan furnitur di atas juga berlaku untuk pemilihan furnitur meja di ruang makan. Walau terlihat sepele, ternyata banyak orang yang salah mengaplikasi material ini di ruang makannya. Ada 3 kesalahan yang paling sering dilakukan orang saat memilih meja makan.

Pertama, bentuk meja makan tak sesuai dengan ruang yang dimiliki. Kedua, ukuran meja tak sesuai dengan luas ruang. Ketiga, tak memerhatikan kapasitas orang yang akan menggunakannya.

Persoalan ini akan semakin runyam jika ruang makan yang Anda miliki ternyata berukuran terbatas. Karena Anda harus memikirkan desain, tampilan, kapasitas, kenyamanan, dan proporsi sekaligus. Tentunya, pekerjaan yang terlihat mudah ini akan menjadi lebih sulit.

Kesalahan dalam memilih ukuran akan membuat Anda tak nyaman melakukan aktivitas makan di tempat ini. Bentuk dan desainnya yang tidak selaras akan membuat mata Anda tak sedap melihatnya. Lantas, bagaimana cara memilih meja makan yang tepat untuk ruang makan kita yang berukuran mungil? Inilah dia beberapa hal penting seputar memilih meja makan. Sesuaikan meja makan yang akan Anda beli dengan luas ruangan. Bila ruangan kecil sebisa mungkin cari meja makan yang tetap dapat memberikan sirkulasi yang baik dalam ruang. Idealnya, Anda harus menyesuaikan meja makan dengan tema ruang yang ada. Jika ruangan bertema minimalis, Anda bisa pilih meja dengan kaki yang ramping dan tidak banyak ukiran. Perhatikan juga warnanya. Pilihan warna monokrom akan lebih sesuai dengan tema ruangan yang minimalis. Lain halnya jika ruangan bertema klasik. Anda dapat memilih meja makan dengan material kayu lengkap dengan ukirannya. Warna cokelat mampu menghadirkan suasana hangat pada ruang dan kesan klasik pun menjadi lebih kental. Pilih material meja yang kuat dan baik kualitasnya. Bahan yang kuat sudah pasti akan membuat meja makan awet bertahan dalam jangka waktu yang panjang.

ARIF BUDIMAN RUMAH CONTOH GREENWHICH PERUMAHAN ROYAL RESIDENCE SURABAYA

LOKASI FOTO

ARIF BUDIMAN RUMAH CONTOH CASA JARDIN RESIDENCE, DAAN MOGOT RAYA KM 11, JAKARTA BARAT

FOTO LOKASI

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.