JANGAN LUPAKAN PLAFON!

Rumah - - LAPORAN UTAMA -

Jika Anda salah mendesain atau salah memilih material atap, rumah masih tetap adem asalkan Anda menerapkan beberapa hal berikut ini.

TAMBAHKAN ALUMINIUM FOIL

Lembaran perak ini mampu memantulkan radiasi matahari hingga 97 persen. Ya, bagi Anda yang merasa salah mendesain atau memilih material atap, Anda dapat menambahkan aluminium foil.

Anda dapat memilih aluminium berbahan low density polyethylene (LDPE) yang berongga. Material ini mampu menahan radiasi panas sehingga panas tak mengalir ke ruang di bawahnya. Atau, Anda dapat menggunakan material berbahan polyester yang mirip dakron ( biasa digunakan sebagai isian bantal) yang tahan api, sekaligus berfungsi meredam suara.

LAPISI DENGAN CAT ANTIPANAS

Anda dapat menambahkan cap pelapis antipanas. Cat ini bisa diaplikasi pada genting kepingan (genting tradisional dan beton) genting lembaran (asbes, seng, atau aluminium, serta dak beton. Ada 2 produk cat antipanas yang bisa Anda gunakan untuk menyejukkan atap, yaitu cat Reflecto dan Heatguard. Menurut Natanael Tamto dari PT Citra Megah Telecomindo, produsen cat Reflecto cat Reflecto mampu menahan sumber panas. Ini telah diuji coba, bahkan Anda dapat membuktikan sendiri. “Caranya, dengan menginjak material atap yang telah dilapisi cat Reflecto di siang hari tanpa perlu menggunakan alas kaki. Dijamin tak panas,” ucapnya. Asep Suherland, Sales and Marketing Manager PT Citra Megah Telecomindo, menambahkan bahwa hawa sejuk ini dikarenakan cat ini mampu meredam panas hingga 170C di siang hari. “Reflecto dapat menurunkan suhu permukaan atap hingga 17˚C. Jadi saat diinjak atap tak akan panas. Bahkan, uji coba ini telah mendapat sertifikasi dari lembaga TUV Jerman dan Singapura,” terang Asep. Sementara, menurut Chandra Kurniawan, Product Manager PT Adhi Cakra Utama Mulia, produsen cat heatguard dari Aquaproof, selain dapat menurunkan panas, pemeliharaannya pun sederhana. “Sesekali, cukup siram dengan air setelah hujan agar debu tidak menempel,” tambah Chandra. Untuk 1 liter cat antipanas ini dapat digunakan pada bidang 1m2. Sebagai perisai kedua penghalang panas setelah atap, pemilihan material plafon yang benar dapat membuat rumah Anda sejuk. Salah satunya, Anda bisa memilih gipsum tahan panas bernama Jayaboard Heatstop. “Material ini dilapisi dengan metalized film sehingga sangat efektif dalam memantulkan radiasi panas matahari hingga 90 persen. Tentu saja ruangan di bawahnya akan terasa lebih dingin,” jelas Indra Budi Wibowo, Technical & Quality Manager PT. Petrojaya Boral Plasterboard. Untuk pemasangan, material ini idealnya dipasang pada plafon gipsum berjarak minimal 80cm dari struktur atap. “Dengan pemasangan seperti ini, suhu udara akan turun 5°C—6°C,” ucap Indra. Meski demikian, sirkulasi udara di atas plafon juga perlu diperhatikan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.