SOLUSI MENYEJUKKAN RUMAH YANG TERLANJUR PANAS

Ketika rumah tak lagi memperoleh asupan cahaya dan udara alami yang cukup, saatnya Anda membongkar satu ruang untuk dijadikan “ruang bernapas”.

Rumah - - LAPORAN UTAMA - TEKS SELVIA MARTIANI selvia@gramedia-majalah.com FOTO ARIF BUDIMAN

Banyak yang beranggapan kalau rumah berukuran besar sudah pasti sejuk. Siapa bilang? Besar kecilnya sebuah rumah tak bisa menjamin rumah tersebut terbebas dari masalah panas. Yopie Herdiansyah, arsitek dari Akanoma Studio, mengungkapkan masalah panas yang menimpa hunian berukuran besar biasanya disebabkan oleh keinginan memilik rumah untuk menghadirkan ruang-ruang yang sebenarnya jarang mereka digunakan.

Ruang-ruang tersebut membuat penyebaran cahaya dan udara alami jadi tak merata. Untuk mengatasi masalah tersebut Yopie kerap menyarankan kepada pemilik rumah untuk membuat inner court, sebuah ruang bernafas di dalam rumah.

“Ruang-ruang yang jarang digunakan seolah membuat rumah “gemuk”. Kami sering menyarankan untuk menambah inner court karena pengaruhnya sangat signifikan dan membuat rumah jadi lebih hemat energi,” ujar Yopie.

BIKIN RUMAH BERNAPAS

Keberadaan inner court di dalam hunian berfungsi sebagai akses sirkulasi cahaya dan udara alami bagi ruang-ruang yang berada di dalamnya. Posisinya bisa di mana saja, asalkan terbuka dan berada di dalam rumah. Yopie menyarankan untuk membuat inner court di area yang sudah terlalu “gemuk” oleh ruang.

“Bila dalam 1 lahan terdapat 3 ruang yang berderetan dan ruang tengah tidak mendapat asupan cahaya dan udara alami, maka sebaiknya ruang tengah itu dialihfungsikan menjadi inner court. Untuk posisinya bisa di mana saja yang penting cahaya dan udara alami dapat menjangkau seluruh ruang,” ujarnya menyarankan.

UKURAN IDEAL DAN BIAYA PEMBUATAN

Biasanya inner court dimanfaatkan sebagai ruang kosong, ruang terbuka, kolam air, taman, bahkan kolam renang.

“Bila Anda menginginkan suasana yang lebih hijau, inner court dapat dibuat menjadi taman basah lengkap dengan rumput gajah mini di dalamnya. Tetapi, bila ingin taman sederhana, Anda cukup meletakkan batu koral dan tanaman dalam pot. Sederhana,” ujar Lukkie Putranto, arsitek dari LP Studio, menyarankan.

Lukkie menuturkan ukuran minimal inner court untuk rumah seluas 90m2 adalah 3m2. Biaya pembuatan biasanya disesuaikan dengan pilihan jenis tanaman dan konsep inner court yang diinginkan. Bila ingin menghadirkan taman kering, kocek yang harus dikeluarkan sekitar Rp7 juta— Rp10 jutaan. Biaya tersebut hanya mencakup ongkos pembuatan struktur taman atau kolam.

Bila Anda tertarik membuat inner court, Lukkie menyarankan untuk membuatnya di jasa tukang taman. Sebab, arsitek pun biasanya menyerahkan pekerjaan yang berhubungan dengan taman pada jasa tukang taman. Tertarik membuat?

LOKASI KEDIAMAN KELUARGA ONNA NASHIDIK, BSD, TANGERANG SELATAN, BANTEN

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.